Apa pengertian www dan html

Materi Web


Pengertian www dan html.


Pada dasarnya, WWW merupakan singkatan dari frasa kata World Wide Web. WWW adalah kumpulan dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa standar web yang didefinisikan dan dikelola penggunaanya oleh W3C (World Wide Web Consurtium).

Setiap komputer dan perangkat (modem, router, smartphone, mobile, dan lain-lain) yang terhubung ke internet diberi alamat IP numerik yang unik (IP singkatan dari Internet Protocol). Sebagai contoh, komputer yang dihosting google.com memiliki alamat IP 173.194.34.99. World Wide Web adalah koleksi besar file elektronik yang tersimpan di banyak komputer seluruh dunia. Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file. Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan untuk berpindah dari satu halaman web yang lain hanya di klik.

HTML sendiri memiliki beberapa versi dengan pengembangan di setiap versinya. Saat iniversi terbaru adalah HTML5. Terdapat beberapa kelebihan pada HTML5, antara lain fitur video dan audio untuk media pemutar file multimedia, fitur kanvas untuk menggambar menggunakan script code, penulisan kode yang lebih efisien, mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal, dan masih banyak kelebihan lainya pada HTML5. diharapkan setelah membaca artikel ini, dapat memahami pengertian www dan html.

Posting Komentar