10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah Apel

Manfaat Buah Apel untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi dan sudah dikenal sebagai salah satu buah yang dapat menyehatkan tubuh. Bahkan di masyarakat sempat muncul istilah "An Apple A Day Keeps The Doctor Away" yang bisa diartikan, makan apel setiap hari dapat mencegah datangnya penyakit.

Hal ini sama sekali tidak mengherankan, mengingat buah apel juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Informasi lebih lanjut tentang buah apel bisa dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Apel

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

1. Membangun Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah apel ialah dapat membangun kekebalan tubuh karena buah apel banyak mengandung banyak vitamin C yang merupakan salah satu zat gizi yang penting untuk tubuh.

Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat untuk berbagai keperluan bagi tubuh seperti:

  • Membangun Kekebalan Tubuh Atau Imunitas.
  • Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka.
  • Mencegah Alergi.
  • Menjaga Kesehatan Kulit.

2. Mencegah Kerusakan Sel Dalam Tubuh

Apel juga kaya akan antioksidan quercetin dan polifenol dan hal ini membuat buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Mencegah Sembelit

Apel juga termasuk buah yang kaya akan serat. Kulit Apel merupakan sumber serat yang tidak larut selulosa dan lignin. Oleh karena itu, makan buah apel bersama dengan kulitnya lebih baik daripada apel yang dikupas.

Dan untuk mengurangi kandungan pestisida yang mungkin ada di kulit buah, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu dengan air yang mengalir dan sabun khusus buah dan sayur.

Kamu juga bisa meredam buah apel dalam larutan cuka apel.

4. Anti Diare

Buah Apel juga banyak mengandung pektin di dalam daging buahnya, yaitu serat kasar menyerupai gel yang larut dalam air. Zat yang berada di dalam apel tersebut diketahui mengandung zat anti diare alami karena dapat melindungi selaput lendir lambung dan usus dari luka dan serangan bakteri.

5. Menurunkan Kolesterol

Pektin yang berada di dalam apel juga dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara menyerap lemak dan kolesterol, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh bersamaan dengan feses.

6. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker

Apel juga mengandung senyawa berkhasiat yang lainnya, yaitu senyawa butyrate. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dieter Schrenk, MD dari The University of Kaiser Lautern, Jerman, senyawa butyrate juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker kolon.

7. Turunkan Resiko Anak Alami Penyakit Asma

Menurut penelitian yang dilakukan pada ibu hamil, menunjukkan bahwa para ibu yang selama hamil rajin mengonsumsi apel, lebih kecil resiko kalau anaknya mengalami gejala-gejala asma.

8. Kurangi Resiko Penyakit Jantung, Stroke, dan Diabetes Tipe 2

Para peneliti dari National Public Health Institute di Helsinski, Finlandia juga telah melaporkan penemuan mereka tentang apel di American Journal of Clinical Nutrition pada 2002.

Menurut para ahli tersebut, buah apel terbukti juga dapat mengurangi resiko berbagai penyakit kronis seperti:

  • Jantung.
  • Kanker.
  • Stroke.
  • Diabetes Tipe 2.
  • Asma.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat yang ada dalam buah apel berbeda beda, ada yang bersifat larut dan tidak larut. Serat larut dalam buah apel yang biasa disebut pektin bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hal ini dikarenakan pektin bekerja sama dengan komponen fitonutrien dalam buah apel untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah.

Kandungan serat dan air pada buah apel tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Hal ini menjadikan buah apel juga bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan serta menurunkan berat badan.

Memiliki pencernaan yang sehat, gula darah dan kadar lemak yang terkontrol, serta berat badan yang ideal dapat mengurangi resiko kamu terkena penyakit degeneratif dikemudian hari.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu jenis mineral yang ada dalam buah apel adalah kalium serta zat besi. Kedua kandungan ini juga bermanfaat untuk menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Tidak hanya itu saja, senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang berada di dalam buah apel juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan massa tulang seiring bertambahnya umur.


Posting Komentar