21 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Buah Pisang


Meski harganya murah dan sudah dikenal luas di Indonesia, tapi manfaat buah pisang memang sangat banyak dan sudah dibuktikan banyak orang. Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara seperti dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan yang lain.

Secara alami, buah pisang memiliki rasa yang manis. Buah yang satu ini sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya tersebut. Teksturnya yang begitu lunak pun membuat buah pisang cocok dikonsumsi oleh bayi yang sedang belajar makan. Dan ditambah lagi, zat gizi yang terkandung dalam buah pisang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah bermanfaat untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Penjelasan yang lengkap di: https://id.wikipedia.org/wiki/Pisang

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Manfaat buah pisang yang pertama adalah mengatasi hipertensi karena buah pisang banyak mengandung kalium yang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan yang dikandung di buah pisang mampu mengikat lemak. oleh karena itu, pembentukan lemak bisa dicegah karena kandungan di pisang bisa mengikat lemak dalam tubuh. Plak bisa juga menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan begitu, mengonsumsi buah pisang bisa membantu kamu terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah Pisang juga kaya akan vitamin dan serat. Jika dibandingkan dengan buah apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan Apel. Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium dan kalium yang sangat penting bagi tubuh agar tetap bugar.

3. Pisang Pelancar Metabolisme

Tidak perlu meminum obat. Dengan makan buah pisang, kamu yang mengalami kesulitan saat buang air besar dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme dalam tubuh. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit berkat serat dalam buah pisang. Dan ditambah lagi, makan pisang juga akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Sementara pisang yang masih belum matang merupakan sumber sari pati resisten yaitu makanan bagi bakteri baik yang berada di dalam usus besar. Jadi mengonsumsi buah pisang bisa membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran cerna Kamu.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apa kamu banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat dalam buah pisang juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga tubuh akan terasa segar dan kamu tidak akan lemas karena memakan buah pisang tersebut.

5. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Buah Pisang juga kaya akan kalium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu, sirkulasi oksigen yang diarahkan ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah. Tidak hanya itu, aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak juga bisa lebih lancar dengan mengonsumsi buah pisang. Dan belum lagi kalium pada buah pisang yang turut mengurangi risiko stroke dan hipertensi.

6. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi dan Mengatasi Anemia

Salah satu hal yang paling penting lainnya yang dikandung pisang adalah zat besinya. Mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehat. Sehingga buah ini sangat baik bagi orang yang kekurangan darah merah dan tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin atau protein yang mengandung zat besi. Kekurangan zat besi bisa dikaitkan dengan kondisi kurang darah alias anemia.

Bila kamu memiliki kondisi tersebut, cobalah mengonsumsi buah pisang secara rutin untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein dalam darah yang mengandung zat besi.

7. Menurunkan Berat Badan

Untuk orang yang lagi melaksanakan diet, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Dan di samping itu, pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badang. Di jepang juga ada tren diet baru yaitu minimal satu dan maksimal empat pisang untuk sarapan. Itu katanya untuk mendorong metabolisme sehingga orang tidak perlu berolahraga.

8. Menyehatkan Tulang

Mengonsumsi buah pisang secara rutin juga dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang juga merupakan salah satu buah yang mengandung mangan yang cukup tinggi.

9. Pisang Sebagai Mood Food

Apakah kamu merasa makanan bisa membuat orang merasa senang? Pastinya iya jika bahan makanan itu termasuk "mood food", yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin yang berada di dalam otak. Hormon ini yang menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Manfaat buah pisang tersebut berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan-nya. Bahkan, makan buah pisang juga dipercaya mampu membantu mengatasi depresi yang kamu alami. Triptofan akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh yang juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak. Sedangkan magnesium pada pisang dapat membantu merelaksasikan otot-otot tubuh kamu.

10. Untuk Merawat Kulit

Pisang yang sudah dicampur madu juga berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga sangat baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia yang cenderung semakin kering. Selain itu, buah pisang juga baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang yang sudah matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Kamu bisa mencampurnya dengan lemot ataupun madu. Kemudian diamkan selama 15-30 Menit, lalu bersihkan. Lakukan hal ini secara rutin hingga jerawat hilang.

11. Sumber Energi dan Mampu Meningkatkan Stamina

Tidak perlu mengonsumsi minuman yang berenergi, cukup makan buah pisang sebelum kamu berolahraga. Buah pisang juga kaya akan vitamin dan serat. Jika dibandingkan dengan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan buah apel. Selain itu buah pisang juga kaya akan magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar ketika beraktivitas dan berolahraga. Dan terlebih lagi, makan pisang juga dapat membantu otot-otot kamu bergerak dengan baik.

12. Mendukung Program Diet

Untuk kamu yang sedang melakukan program untuk menurunkan berat badan, pisang sangat cocok sekali untuk dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah pisang ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemik buah pisang juga terbilang cukup rendah, karbohidrat kompleks pada buah pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba.

Makanan tinggi serat juga bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat kamu kenyang lebih lama dan makan dalam jumlah yang lebih sedikit daripada biasanya. Hasilnya, berat badan kamu pun bisa berangsur-angsur turun.

13. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan pada buah pisang.

14. Melengkapi Asupan Magnesium

Magnesium juga merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan normal. Mineral tersebut sangat diperlukan untuk membentuk protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, memproduksi energi serta mengendalikan kadar gula dan tekanan darah pada tubuh.

Kekurangan magnesium juga dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual dan muntah, hingga dapat meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama pada jantung. Dan kesimpulannya, mengonsumsi pisang dapat membantu mencegah risiko masalah-masalah tersebut.

15. Membantu Mencukupi Kebutuhan Mangan

Mangan merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino. Dan selain itu, mangan juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan tulang kuat dan penyembuhan luka. Bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh.

Ditambah lagi, mangan juga diyakini dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Manfaat buah pisang ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun bisa diolah menjadi jus.

16. Dapat Menjaga Kesehatan Kehamilan

Berbagai vitamin, mineral, antioksidan, serta senyawa lain pada buah pisang dapat membantu memelihara kesehatan ibu hamil dan janinnya. Mengonsumsi buah pisang mungkin juga dapat membantu mencegah risiko diabetes gestasional, yang dapat disebabkan karena ibu hamil yang kurang tidur. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil ini berasal dari magnesium dan triptofan yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidurnya.

Dan bukan hanya itu saja, buah pisang juga diyakini dapat membantu:
  • Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung.
  • Melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.
  • Menurunkan risiko terkena kanker ginjal.
  • Mencegah degenerasi makula.
  • Mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Itulah 21 Manfaat buah pisang yang bisa kamu dapatkan jika memakannya secara rutin dan teratur. Walaupun banyak sekali manfaatnya, makanlah buah pisang sewajarnya saja. Konsumsi buah pisang terlalu banyak justru dapat memicu sakit kepala dan gejala mengantuk.

Posting Komentar