9 Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Obat

Sakit Perut

Jika Anda terdengar sedikit serak dan sakit tenggorokan, Anda mungkin sedang bersiap menghadapi pilek atau flu. Tetapi jika Anda sudah mengalami gejala ini untuk sementara waktu, gejala tersebut mungkin bukan disebabkan oleh virus, tetapi oleh katup—sfingter esofagus bagian bawah Anda. Itulah otot yang mengontrol jalan antara kerongkongan dan lambung, dan ketika tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan. Istilah medis untuk proses ini adalah gastroesophageal reflux; aliran balik asam disebut refluks asam .

Jika Anda mengalami episode mulas yang berulang atau gejala refluks asam lainnya, anda dapat mencoba yang berikut ini:

1. Makanlah dengan hemat dan perlahan

Ketika perut sangat penuh, bisa ada lebih banyak refluks ke kerongkongan. Jika cocok dengan jadwal Anda, Anda mungkin ingin mencoba apa yang kadang-kadang disebut "merumput"—makan makanan kecil lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.

2. Hindari makanan tertentu

Orang dengan refluks asam pernah diinstruksikan untuk menghilangkan semua kecuali makanan paling hambar dari makanan mereka. Tapi itu tidak lagi terjadi. "Kami telah berevolusi dari hari-hari ketika Anda tidak bisa makan apa pun," kata Dr. Wolf. Tetapi masih ada beberapa makanan yang lebih mungkin memicu refluks, termasuk mint, makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang, bawang putih, kopi, teh, cokelat, dan alkohol. Jika Anda makan salah satu dari makanan ini secara teratur, Anda dapat mencoba menghilangkannya untuk melihat apakah hal itu mengendalikan refluks Anda, dan kemudian mencoba menambahkannya kembali satu per satu. Situs web Foodicine Health di  www.foodicinehealth.org  memiliki tips diet untuk penderita refluks asam dan GERD serta untuk gangguan pencernaan lainnya.

3. Jangan minum minuman berkarbonasi

Mereka membuat Anda bersendawa, yang mengirimkan asam ke kerongkongan. Minum air putih bukan air soda.

4. Begadang setelah makan

Saat Anda berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi saja membantu menjaga asam di perut, di tempatnya. Selesaikan makan tiga jam sebelum Anda tidur. Ini berarti tidak ada tidur siang setelah makan siang, dan tidak ada makan malam atau camilan tengah malam.

5. Jangan bergerak terlalu cepat

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Berjalan-jalan setelah makan malam baik-baik saja, tetapi olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan membungkuk, dapat mengirim asam ke kerongkongan Anda.

6. Tidur di tanjakan

Idealnya, kepala Anda harus 6 hingga 8 inci lebih tinggi dari kaki Anda. Anda dapat mencapai ini dengan menggunakan penambah tempat tidur "ekstra-tinggi" pada kaki yang menopang kepala tempat tidur Anda. Jika pasangan tidur Anda keberatan dengan perubahan ini, coba gunakan penyangga baji busa untuk tubuh bagian atas Anda. Jangan mencoba membuat irisan dengan menumpuk bantal. Mereka tidak akan memberikan dukungan seragam yang Anda butuhkan.

7. Menurunkan berat badan jika disarankan

Peningkatan berat badan menyebarkan struktur otot yang mendukung sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi tekanan yang menahan sfingter tertutup. Hal ini menyebabkan refluks dan mulas.

8. Jika Anda merokok, berhentilah

Nikotin dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah.

9. Periksa obat Anda

Beberapa termasuk estrogen pascamenopause, antidepresan trisiklik , dan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi dapat mengendurkan sfingter, sementara yang lain terutama bifosfonat seperti alendronate (Fosamax), ibandronate (Boniva), atau risedronate (Actonel), yang digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang dapat mengiritasi kerongkongan.

Jika langkah-langkah ini tidak efektif atau jika Anda mengalami sakit parah atau kesulitan menelan, temui dokter Anda untuk menyingkirkan penyebab lainnya. Anda mungkin juga memerlukan obat untuk mengontrol refluks bahkan saat Anda mengejar perubahan gaya hidup.

Posting Komentar