Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan Diri


Bagaimana membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri bisa menjadi hal yang sulit untuk dibangun. Kami telah mengumpulkan beberapa tips praktis untuk membantu Anda. Jika Anda masih mengalami kesulitan bahkan setelah mencoba ide-ide swadaya ini, jangan khawatir! Kami juga telah mencantumkan cara Anda dapat menemukan dukungan ekstra dan berupaya meningkatkan kepercayaan diri Anda dengan bantuan orang lain.

Ini dapat membantu jika:

  • Anda ingin tahu lebih banyak tentang kepercayaan diri
  • Anda berharap Anda adalah orang yang lebih percaya diri
  • Anda ingin beberapa langkah praktis untuk membangun kepercayaan diri Anda.

Apa itu orang yang percaya diri?

Tidak semua orang dilahirkan dengan rasa percaya diri bawaan. Terkadang sulit untuk mengembangkan kepercayaan diri, baik karena pengalaman pribadi telah menyebabkan Anda kehilangan kepercayaan diri atau karena Anda menderita harga diri yang rendah.

Orang yang percaya diri:

  • melakukan apa yang mereka yakini benar, meskipun itu tidak populer
  • bersedia mengambil risiko
  • mengakui kesalahan mereka dan belajar dari mereka
  • mampu menerima pujian
  • optimis.
  • Tips membangun rasa percaya diri

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan diri Anda. Beberapa di antaranya hanyalah perubahan kecil pada kerangka berpikir Anda; orang lain Anda harus bekerja sedikit lebih lama untuk membuat mereka menjadi kebiasaan yang akrab.

1. Lihat apa yang sudah kamu capai

Sangat mudah untuk kehilangan kepercayaan diri jika Anda yakin Anda belum mencapai apa-apa. Buatlah daftar semua hal yang Anda banggakan dalam hidup Anda, apakah itu mendapat nilai bagus dalam ujian atau belajar berselancar. Jauhkan daftar dekat dan tambahkan setiap kali Anda melakukan sesuatu yang Anda banggakan. Saat kepercayaan diri Anda rendah, keluarkan daftar itu dan gunakan untuk mengingatkan diri Anda sendiri tentang semua hal hebat yang telah Anda lakukan.

2. Pikirkan hal-hal yang Anda kuasai

Setiap orang memiliki kekuatan dan bakat. Apa milikmu? Menyadari apa yang Anda kuasai, dan mencoba membangun hal-hal itu, akan membantu Anda membangun kepercayaan pada kemampuan Anda sendiri.

3. Tetapkan beberapa tujuan

Tetapkan beberapa tujuan dan tentukan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya. Mereka tidak harus menjadi tujuan besar; mereka bahkan bisa melakukan hal-hal seperti memanggang kue atau merencanakan keluar malam bersama teman-teman. Hanya bertujuan untuk beberapa pencapaian kecil yang dapat Anda tandai dari daftar untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri pada kemampuan Anda untuk menyelesaikan sesuatu.

4. Bicara sendiri

Anda tidak akan pernah merasa percaya diri jika Anda memiliki komentar negatif yang mengalir di benak Anda yang mengatakan bahwa Anda tidak baik. Pikirkan tentang self-talk Anda dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda. Perlakukan diri Anda seperti Anda memperlakukan sahabat Anda dan menghibur diri sendiri.

5. Temukan hobi

Cobalah untuk menemukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai. Itu bisa berupa fotografi, olahraga, merajut, atau apa pun! Ketika Anda telah menyelesaikan hasrat Anda, komit diri Anda untuk mencobanya. Kemungkinannya adalah, jika Anda tertarik atau bersemangat tentang aktivitas tertentu, Anda akan lebih termotivasi dan Anda akan membangun keterampilan lebih cepat.

Jika kamu tidak merasa lebih baik

Terkadang perbaikan cepat tidak membantu dalam jangka panjang. Jika Anda merasa tidak enak dan keadaan tampaknya tidak membaik, ada baiknya berbicara dengan seseorang yang tahu bagaimana membantu. Profesional seperti konselor dan psikolog dapat membantu Anda mengembangkan strategi untuk membantu Anda membangun kepercayaan diri. Mereka mungkin juga dapat membantu Anda memahami masalah mendasar apa pun yang mungkin menyebabkan Anda merasa tidak enak tentang diri sendiri.


Jika Anda merasa belum siap untuk berbicara dengan seorang profesional, coba lihat Forum ReachOut . Membicarakan kekhawatiran Anda dengan komunitas yang mendukung orang-orang yang telah melalui situasi serupa dapat menjadi cara yang sangat membantu untuk membangun kepercayaan diri Anda.

Posting Komentar