Gerak dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis

Olahraga

 Gerak dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

1. Servis

Servis merupakan pukulan yang sangat menentukan dalam awal perolehan nilai, karena hanya pemain yang melakukan servis yang dapat memperoleh angka. Ada empat macam servis, sebagai berikut.

1. Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi. Coba lakukannlah servis pendek dengan cara sebagai berikut.

  1. Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri memegang kok.
  2. Perpindahan berat badan dimulai dari kaki belakang ke kaki depan.
  3. Ayunkan raket dari belakang setinggi bahu ke depan.
  4. Lepaskan kok dan pukullah kok dengan penuh atau dipotong.
2. Servis pajang bertujuan untuk menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok. Cara melakukan pukulan servis panjang sebagai berikut.
  1. Letakkan kaki kiri ke depan.
  2. Titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  3. Ayunkan tangan yang memegang raket ke belakang sampai setinggi bahu.
  4. Pukullah kok setelah ayunan sampai di depan badan dengan mencambukkan pergelangan tangan.
3. Servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net. Sasarannya adalah sudut titik-titik perpotongan antara garis belakang dengan garis tengah lapangan.

Cara melakukan pukulan servis drive adalah dengan melemparkan kok agak jauh dari badan. Lengan bergerak bebas dan leluasa dengan mengayunkan raket.

4. Servis cambukan menerbangkan kok ke belakang. Hasil pukulan servis cambukan bisa membingungkan lawan sehingga kok jatuh tanpa disadari pihak lawan.

Sasaran servis ini adalah sudut perpotongan garis tepi dengan garis belakang dan sudut perpotongan garis belakang dengan garis tengah.

Servis ini caranya sama dengan servis biasa. Tetapi, pukulan mendadak dicambukkan saat raket menyentuh kok.

2. Pukulan Lop

Pukulan lop dapat dilakukan dari bawah maupun dari atas kepala. Pukulan lop merupakan pukulan yang sangat penting bagi pola bertahan maupun penyerangan. Pukulan lop dilambungkan rendah, cepat, dan melewati melewati lawan ke lapangan bagian belakang.

3. Pukulan Drop Shoot

Pukulan drop shoot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan bola secepatnya dan sedekat-dekatnya dengan net pada lapangan lawan. Dalam pelaksanaanya ada dua macam, sebagai berikut.
  1. Drop shoot dari atas bola tidak dipukul keras-keras atau dengan sekuat tenaga, tetapi gerakan tangan tiba-tiba ditahan, sampai seolah-olah berhenti dan sekejap kemudian doronglah atau sentuhlah sedikit saja supaya jatuh sedekat-dekatnya pada net di lapangan lawan.
  2. Drop shoot dari bawah memiliki gerakan, yaitu bola tidak dipukul sekuat tenaga, melainkan dilambungkan pelan nyaris menyentuh net dan jatuh di lapangan lawan dekat net. Pukulan drop shot mengandalkan keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan.
4. Pukulan Drive

Pukulan drive biasa digunakan untuk menekan lawan agar tidak memberikan kesempatan kepada lawan untuk mendapatkan bola-bola melambung, sehingga lawan tidak memperoleh kesempatan menyerang dengan pukulan overhead.

Manfaat pukulan drive adalah untuk mencepat tempo permainan dengan meluncurkan bola serendah-rendahnya dekat dengan net dan juga untuk mengacaukan posisi lawan.

Cara melakukan pukulan drive, yaitu ambil dan pukullah bola dari samping badan pada ketinggian pinggang.

5. Pukulan Smash

Pukulan smash adalah pukulan yang dilakukan paling cepat dan sekeras-kerasnya, ke arah bawah lapangan. Ada beberapa pukulan smash sebagai berikut.
  1. Smash penuh, yaitu smash yang dilakukan dengan menggunakan daun raket seluruhnnya, dan smash penuh memiliki kekuatan penuh tetapi biasanya bola menjadi kurang terarah.
  2. Smash potong, yaitu smash yang dilakukan secara menyilang sehingga sering juga disebut sebagai smash silang atau cross smash.
  3. Around the head smash, yaitu smash dengan lengan memutar mengitari di atas kepala. Gerakannya adalah memiringkan tubuh ke kiri dan memutar lengan di atas kepala untuk memukul bola yang meluncur di sebelah kiri.
  4. Backhand smash, yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri, smash ini memerlukan gerak keterampilan pergelangan tangan yang kuat dan mantap.

Posting Komentar