Pemanfaatan Waktu Luang Untuk Kesehatan

Olahraga

Ada beberapa pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut.

1. Gerak badan yang tepat untuk seseorang dan teratur sangat berguna untuk kesegaran jasmani dan kesehatan tubuh. Sebagai contoh, orang yang bekerja berat dengan pikiran, dan sedikit menggerakkan tubuhnya memicu gangguan penyakit tertentu. Seharusnya orang tersebut melakukan olahraga di waktu senggangnya.

2. Rekreasi adalah menciptakan kembali sesuatu yang hilang. Banyak contoh olahraga yang bisa digunakan sebagai rekreasi, misalnya berburu, memancing, berkemah. Selain kegiatan olahraga, kegiatan rekreasi lainnya, misalnya darmawisata ke taman margasatwa, museum, desa yang tentram, dan istirahat di gunung. Kegiatan tersebut dapat membantu menyegarkan pikiran dan menjernihkan perasaan yang kalut.

3. Istirahat adalah mengurangi aktivitas otot, meringankan ketegangan, dan meneteramkan rohani. Istirahat dapat dipenuhi dengan berbagai macam cara. Kegunaan istirahat sebagai berikut.

  1. Melepaskan lelah.
  2. Memberi kesempatan pada tubuh untuk membentuk kekuatan baru, sebab waktu istirahat sel-sel dalam tubuh menghisap zat-zat makanan yang ada dalam darah untuk membina kekuatan kembali.
  3. Menambah kesegaran dan kekuatan.
  4. Memperpanjang umur sel-sel tubuh.
4. Tidur adalah cara yang paling baik untuk mendapat istirahat. Tidur sebaiknya pada malam hari lamanya 6 jam. Bila kurang tidur, kesehatan tubuh dapat terganggu. Hanya sedikit orang yand dapat hidup dengan tidur kurang. Gejala-gejala umum dari kurang tidur, antara lain kelopak mata sayu, pucat, muka muram dan pucat, badan lemah, kurang kegairahan bekerja, malas.

Posting Komentar