Pembentukan Gerak Dalam Pencak Silat

Olahraga

Pembentukan gerak dalam pencak silat merupakan awal dalam melakukan pembelaan maupun serangan. Pembentukan gerak terdiri atas pembentukan arah dan langkah.

Gerak spesifik pembentukan arah adalah sasaran dalam melakukan gerakan, baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan. Arah dikenal dengan delapan penjuru mata angin. Langkah dilakukan pada arah tertentu sesuai dengan keperluannya.

Gerak spesifik pembentukan langkah adalah perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya. Langkah yang dapat dilakukan lurus, silang/serong. Cara melakukannya bisa dengan cara diangkat, geseran, ingsutan, lompatan, dan loncatan.

1. Angkatan dapat dilakukan dengan dua bentuk, yaitu angkatan tinggi dan angkatan rendah. Angkatan tinggi dilakukan dengan cara satu kaki diangkat tinggi dan paha datar.

Lalu letakkan kaki yang diangkat pada tempat tertentu sesuai dengan arah dan tujuan. Angkatan rendah dilakukan dengan cara satu kaki diangkat biasa, kira-kira paha bersudut 30 derajat, lalu letakkan kaki yang diangkat pada tempat tertentu sesuai dengan arah dan tujuan.

2. Geseran, yaitu satu kaki digeser, tetapi ujung kaki atau tumit menyentuh lantai. Letakkan kaki tersebut pada tempat tertentu sesuai dengan arah dan tujuan.

3. Putaran, yaitu angkat kaki dengan memutar keluar. Letakkan di depan dengan telapak kaki keluar, kaki kiri yang dibelakang jinjit.

4. Lompatan dapat dilakukan dengan satu kaki bertolak, disusul oleh kaki lainnya. Pendaratan dapat dilakukan dengan dua cara sebagai berikut.

  1. Salah satu kaki yang mendarat diletakkan di tempat yang sesuai dengan arah dan tujuan, kemudian disusul dengan kaki lainnya.
  2. Kedua kaki mendarat bersama-sama.
5. Loncatan dapat dilakukan dengan satu kaki bertolak disusul oleh kaki lainnya. Pendaratan dapat dilakukan dengan dua cara sesuai dengan kebutuhan sebagai berikut.
  1. Kedua kaki mendarat, diletakkan bersama sesuai dengan arah dan tujuan.
  2. Salah satu kaki mendarat disusul kaki yang lain.
6. Ingsutan

Cara melakukan ingsutan sebagai berikut.
  1. Menggeser telapak tangan tanpa diangkat dari lantai dengan tumit. Sementara telapak kaki ke luar dan ke dalam.
  2. Dapat pula dilakukan dengan gerakan tumit, dengan telapak kaki sejajar atau searah.
  3. Kedua lutut dibengkokkan.

Posting Komentar