Beberapa Jenis Persebaran Penduduk

IPS

Persebaran penduduk secara umum yaitu bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau Negara.

Beberapa jenis persebaran penduduk yaitu sebagai berikut.

1. Persebaran penduduk berdasarkan geografis

Persebaran penduduk secara geografis yakni karakteristik penduduk menurut batas-batas alam seperti pantai, sungai, danau, jalan raya, dan sebagainya.

2. Persebaran penduduk berdasarkan administrasi pemerintahan

Persebaran penduduk secara administrasi adalah karakteristik penduduk menurut batas-batas wilayah administrasi yang ditetapkan oleh suatu negara, misalnya jumlah penduduk di suatu desa A atau di kecamatan.

Penjelasan Persebaran Penduduk

Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara. Kepadatan penduduk adalah angka yang menunukkan jumlah rata-rata penduduk pada setiap kilometer persegi pada suatu wilayah negara.

Persebaran penduduk dapat diketahui dari kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk adalah suatu ukuran yang menunjukkan berapa banyak jiwa atau penduduk yang tinggal dalam satu kilometer persegi wilayah. 

Kepadatan penduduk menjadi indikator adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki suatu wilayah. Wilayah yang memiliki sumber daya yang lebih baik, baik sumber daya fisik maupun sumber daya manusia akan cenderung dipadati penduduk. Kepadatan penduduk juga memberikan informasi kepada pemerintah tentang pemerataan pembangunan.

Posting Komentar