Bentuk Muka Bumi Negara Indonesia

IPS

Bentuk Muka Bumi Negara Indonesia


Negara Indonesia terkenal dengan negara yang terdiri dari beribu gugusan pulau baik yang mempunyai ukuran yang besar atau yang kecil. Jumlah pulau yang ada di Indonesia adalah 13.466 buah.

Luas wilayah Negara Indonesia mencapai 5.180.053 km, yang terdiri dari daratan seluas 1.922.570 km dan lautan seluas 3.257.483 km. Berikut gambaran mengenai keadaan muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Daratan rendah

Salah satu bentuk muka bumi adalah daratan rendah yang merupakan hamparan luas tanah, bagian dari permukaan bumi dengan letak ketinggian 0-200 m dpal. Di daerah daratan rendah, aktivitas penduduk Indonesia yang dominan adalah aktivitas pemukiman dan pertanian.

Di pulau Jawa, lahan dataran rendah dimanfaatkan oleh penduduk untuk bercocok tanam padi sehingga Jawa menjadi pulau penghasil padi terbesar di Indonesia.

Ada beberapa alasan terjadinya aktivitas pertanian dan pemukiman di daerah daratan rendah, yaitu sebagai berikut.

  • Pada daerah daratan rendah, pergerakan atau mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya mudah dilakukan oleh penduduk.
  • Pada daerah dataran, lahan yang subur banyak dijumpai karena biasanya berupa tanah aluvial atau hasil endapan sungai yang subur.
  • Dataran rendah dekat dengan pantai sehingga banyak penduduk yang bekerja sebagai nelayan.
  • Memudahkan penduduk untuk berhubungan dengan dunia luar melalui jalur laut.
Dengan berbagai keuntungan tersebut, banyak penduduk bermukim di daratan rendah. Bencana alam yang berpotensi terjadi di daratan rendah adalah banjir, tsunami, dan gempa.

Aktivitas pertanian di dataran rendah biasanya adalah aktivitas pertanian lahan basah. Aktivitas pertanian lahan batas dilakukan di daerah yang sumber airnya cukup banyak tersedia untuk mengairi lahan pertanian.

Lahan basah umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk tanaman padi yang dikenal dengan pertanian sawah.


Posting Komentar