Keragaman Etnik dan Budaya Indonesia

IPS

Keragaman etnik dan budaya masyarakat Indonesia dipengaruhi faktor lingkungan. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan akan lebih banyak menggantungkan kehidupannya dari pertanian, sehingga berkembang kehidupan sosial budaya masyarakat petani.

Sementara itu, daerah pantai akan mempengaruhi masyarakatnya untuk mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan dan berkembanglah kehidupan sosial masyarakat nelayan.

Keragaman bangsa Indonesia tampak pula dalam seni sebagai hasil kebudayaan daerah di Indonesia, misalnya dalam bentuk tarian dan nyanyian. Hampir semua daerah atau suku bangsa mempunyai tarian dan nyanyian yang berbeda.

Begitu juga dalam hasil karya, setiap daerah mempunyai hasil karya berbeda-beda dan menjadi ciri khas daerahnya masing-masing.

Menurut penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilaksanakan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antarsuku bangsa di Indonesia mempunyai berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.

1. Tarian daerah

Setiap daerah yang memiliki ciri khasnya tersendiri, biasanya memiliki makna dan simbol tertentu yang terkandung di dalamnya. Tari merupakan salah satu aspek seni untuk mengungkapkan perasaannya melalui gerak. Beraneka ragamnya tarian menunjukkan betapa kaya dan beragamnya kebudayaan indonesia.

Gerakan yang indah diiringi dengan irama musik yang memukai, dapat menyuguhkan suatu pertunjukkan karya seni yang luar biasa. Setiap tarian atau pertunjukkan di tiap daerah Indonesia memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

2. Pakaian adat

Sudah sejak dulu Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya. Bukan hanya akan sumber daya alam, melainkan juga kaya akan keberagaman.

3. Rumah adat

Indonesia kaya akan budaya dengan terdapatnya wujud keanekaragaman budaya bangsa yang tersebar di berbagai provinsi. Hal yang paling konkrit adalah adanya rumah adat di setiap daerah provinsi di Indonesia.

4. Lagu daerah dan alat musiknya.

Lagu daerah termasuk kategori sastra lisan. Perkembangannya ini muncul dari masyarakat pendukung budaya dan memiliki peran untuk menunjukkan identitasnya. Lambat laun lagu daerah tersebut juga melahirkan semangat cinta tanah air seperti yang terjadi di Indonesia.

Lagu daerah yang dihasilkan seniman bumiputera menunjukkan kreativitas cipta bangsa Indonesia. Benar-benar digali dari bumi Nusantara yang berkarakter nilai-nilai luhur. Kekayaan budaya unik sebagai pembeda yang bersifat khas sudah tidak diragukan lagi.

Beberapa buah lagu bahkan diminati di negara lain sebut saja Bengawan Solo karya Gesang, lagu Lullaby (pengantartidur), Nina Bobo pernah dinyanyikan dalam konser irama seriosa di Belanda.

Dapat dikatakan bahwa lagu merupakan salah satu bentuk ungkapan perasaan manusia. Lagu daerah bercirikan kedaerahan. Lagu daerah umumnya menggunakan bahasa daerah. Ada lirik lagu yang menggambarkan keindahan alam daerahnya.

Ada pula yang menggambarkan perjuangan masyarakatnya, lullaby, teka-teki, pantun, dan sebagainya.

Posting Komentar