Apa Yang Dimaksud Dengan Website? Ketahui Hal Ini

Coding Website

Website (atau bisa disebut sebagai situs web) adalah kumpulan halaman web dan konten terkait yang diidentifikasi oleh nama domain umum dan dipublikasikan pada setidaknya satu server web. Contoh web yang terkenal adalah Google, Facebook, Amazon, dan Pinterest

Semua situs web yang dapat diakses publik secara kolektif membentuk World Wide Web. Ada juga situs web pribadi yang hanya dapat diakses di jaringan pribadi, seperti situs web internal perusahaan untuk karyawannya.

Situs web biasanya dibuat untuk topik atau tema tertentu, seperti berita, pendidikan, perdagangan, hiburan, atau jejaring sosial. 

Link halaman antar web umumnya memandu navigasi situs, yang sering kali dimulai dengan halaman beranda.

User dapat mengakses website di berbagai perangkat, termasuk desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Aplikasi yang digunakan pada perangkat ini disebut web browser. Contoh web browser adalah Chrome, Opera Mini, Firefox, dan lain-lain.

World Wide Web ( WWW) diciptakan pada tahun 1989 oleh ilmuwan komputer CERN Inggris, Tim Berners-Lee. Pada tanggal 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa World Wide Web akan bebas digunakan oleh siapa saja, berkontribusi pada pertumbuhan Web yang luar biasa.

Sebelum pengenalan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), protokol lain seperti File Transfer Protocol dan protokol gopher digunakan untuk mengambil file individu dari server. Protokol ini menawarkan struktur direktori sederhanayang dinavigasi pengguna dan di mana mereka memilih file untuk diunduh.

Dokumen paling sering disajikan sebagai file teks biasa tanpa format atau dikodekan dalam format pengolah kata.

Website dapat digunakan dalam berbagai cara, yaitu sebagai situs web pribadi, situs web perusahaan untuk perusahaan, situs web pemerintah, situs web organisasi, dan lain-lain.

Website dapat berupa karya individu, bisnis, atau organisasi lain, dan biasanya dibuat untuk topik atau tujuan tertentu. Situs web mana pun dapat berisi link ke situs web lain yang disebut sebagai backlink.

Beberapa situs web memerlukan pendaftaran pengguna atau langganan untuk mengakses konten (butuh login dan register). Contoh situs web berlangganan mencakup banyak situs bisnis, situs web berita, situs web jurnal akademik, situs web game, dan lain-lain.

Website Statis

Situs web statis adalah situs web yang memiliki halaman web yang disimpan di server dalam format yang dikirim ke browser web klien. Website dikodekan dalam Hypertext Markup Language (HTML) dan CSS.

CSS digunakan untuk mengontrol tampilan di luar HTML dasar. Gambar biasanya digunakan untuk membuat tampilan yang diinginkan dan sebagai bagian dari konten utama.

Audio atau video juga dapat dianggap sebagai konten "statis" jika diputar secara otomatis atau umumnya non-interaktif. Website jenis ini biasanya menampilkan informasi yang sama kepada semua pengunjung.

Mirip dengan membagikan brosur cetak kepada pelanggan atau klien, situs web statis umumnya akan memberikan informasi standar yang konsisten untuk jangka waktu yang lama.

Meskipun pemilik situs web dapat membuat pembaruan secara berkala, ini adalah proses manual untuk mengedit teks, foto, dan konten lainnya dan mungkin memerlukan keterampilan dan perangkat lunak desain situs web dasar.

Bentuk sederhana atau contoh pemasaran situs web, seperti situs web klasik , situs web lima halamanatau situs web brosur sering kali merupakan situs web statis, karena menyajikan informasi statis yang telah ditentukan sebelumnya kepada pengguna.

Ini mungkin termasuk informasi tentang perusahaan dan produk serta layanannya melalui teks, foto, animasi, audio/video, dan menu navigasi.

Situs web statis mungkin masih menggunakan server side include (SSI) sebagai kemudahan pengeditan, seperti berbagi bilah menu umum di banyak halaman. Karena perilaku situs terhadap pembaca masih statis, ini tidak dianggap sebagai situs dinamis.

Situs web dinamis

Situs web dinamis adalah situs web yang sering mengubah atau menyesuaikan dirinya sendiri dan secara otomatis.

Halaman dinamis sisi server dihasilkan "on the fly" oleh kode komputer yang menghasilkan HTML (CSS bertanggung jawab atas tampilan dan dengan demikian, adalah file statis).

Ada berbagai macam sistem perangkat lunak, seperti CGI , Java Servlets dan Java Server Pages (JSP), Active Server Pages dan ColdFusion (CFML) yang tersedia untuk menghasilkan sistem web dinamis dan situs dinamis.

Berbagai kerangka kerja aplikasi web dan sistem templat web tersedia untuk penggunaan umum bahasa pemrograman seperti Perl ,PHP , Python dan Ruby untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan website dinamis yang kompleks.

Sebuah situs dapat menampilkan keadaan saat ini dari dialog antara pengguna, memantau situasi yang berubah, atau memberikan informasi dalam beberapa cara yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna individu.

Misalnya, ketika halaman depan situs berita diminta, kode yang berjalan di server web mungkin menggabungkan fragmen HTML yang disimpan dengan berita yang diambil dari database atau situs web lain melalui RSS untuk menghasilkan halaman yang berisi informasi terbaru.

Situs dinamis dapat interaktif dengan menggunakan formulir HTML , menyimpan dan membaca kembali cookie browser, atau dengan membuat serangkaian laman yang mencerminkan riwayat klik sebelumnya.

Posting Komentar