Gunung dan Pegunungan Negara Indonesia

IPS

Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekelilingnya.

Biasanya bagian yang menjulang tersebut dalam bentuk puncak-puncak gunung  dengan ketinggian 600 meter dpal atau lebih.

Sedangkan pegunungan merupakan bagian dari daratan yang merupakan kawasan yang terdiri atas deretan gunung-gunung dengan ketinggian lebih dari 600 meter depal.

Gunung api adalah gunung yang memiliki lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi.

Ciri gunung api adalah adanya kawah atau. Sewaktu-waktu gunung api tersebut bisa meletus. Sebagian gunung yang ada di Indonesia merupakan gunung api aktif.

Ciri gunung api aktif adalah adanya aktivitas kegunungapian seperti semburan gas, asap, dan lontaran material dari dalam gunung api.

Sebagian besar gunung api di Indonesia tersebar di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa sampai Nusa Tenggara.

Gunung api juga banyak ditemui di Pulau Sulawesi dan Maluku. Beberapa gunung api di Nusantara sangat terkenal di dunia karena letusannya yang sangat dahsyat, yaitu gunung api Tambora dan Krakatau.

Penduduk yang tinggal di gunung atau pegunungan memanfaatkan lahan yang terbatas untuk pertanian. Lahan-lahan dengan kemiringan yang cukup besar masih dimanfaatkan penduduk.

Komoditas yang dikembangkan di pegunungan biasanya adalah sayuran dan buah-buahan. Sebagian penduduk memanfaatkan lahan yang miring dengan menanam beberapa jenis kayu untuk dijual.

Posting Komentar