Jenis-Jenis Flora yang ada di Indonesia

IPS

Berikut jenis-jenis flora yang ada di Indonesia

a. Jenis flora Indonesia bagian barat (tipe Asia)

Ciri-ciri flora tipe Asia yaitu jenis tumbuhan berupa tumbuhan kayu yang berharga (jati, meranti, kruing, mahoni, dan sejenisnya), selalu hijau sepanjang tahun, bersifat heterogen.

b. Jenis flora Indonesia bagian tengah (tipe peralihan)

Ciri-ciri flora tipe peralihan yaitu jenis tumbuhan yang ada berupa tumbuhan semusim atau heterogen, banyak terdapat sabana dan stepa.

c. Jenis flora Indonesia bagian timur (tipe Australis)

Ciri-ciri flora tipe Australis yaitu jenis flora bersifat heterogen, memiliki kesamaan dengan flora di Benua Australia.

Jenis flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh adanya variasi jenis iklim dan tanah sehingga memungkinkan penyediaan aneka tanaman yang merupakan bahan makanan binatang. Selain itu juga adanya perubahan struktur geologis Indonesia.

Flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan dalam 3 wilayah, hal ini dijelaskan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Webber. Oleh sebab itu, kita mengenal adanya garis Wallace dan garis Webber.

Pembagian wilayah flora dan fauna oleh garis Wallace dan Webber tersebut didasarkan pada kesamaan sifat makhluk hidup dalam sejarah geologi yang memengaruhi persebarannya.

Garis Wallace adalah garis semu yang membatasi fauna Indonesia bagian barat dengan fauna Indonesia bagian tengah. Sedang garis Webber adalah garis yang membatasi fauna Indonesia bagian timur dengan fauna Indonesia bagian tengah.

Posting Komentar