Pengertian dan Macam-Macam Amanah

Materi Agama Islam
A. Pengertian Amanah

Amanah adalah sikap seseorang yang dapat dipercaya. Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah berkaitan erat dengan tanggung jawab.

Orang yang menjaga amanah berarti orang tersebut dapat bertanggung jawab. Ia memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap amanah yang diberikan kepadanya.

Amanah terbesar dalam hidup seorang manusia adalah kewajiban yang ditunaikan oleh setiap orang kepada Allah. Amanah tersebut merupakan hak-hak Allah, seperti beribadah, salat, zakat, puasa, berbuat baik kepada sesama, dan sebagainya.

Kita harus mulai belajar untuk menjaga amanah mulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya adalah tugas piket di kelas. Amanah tersebut harus kita kerjakan.

B. Macam-Macam Amanah

1. Amanah terhadap Allah

Amanah terhadap Allah adalah amanah yang terbesar. Manusia diberikan amanah untuk menjalankan ibadah kepada Nya dan menjauhi larangannya. Contoh dari amanah kepada Allah ini adalah menjalankan semua yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Manusia diciptakan oleh Allah untuk mengabdi kepada-Nya. Allah menciptakan manusia untuk beribadah kepada Allah. Orang yang mengabdi kepadanya berarti telah memenuhi amanah-Nya. Orang yang tidak mengabdi berarti telah mengingkari amanah-Nya.

2. Amanah terhadap sesama manusia

Pernahkah kamu diberikan amanah untuk menyampaikan sesuatu? Misalnya ketika dititipi barang atau pesar agar disampaikan kepada orang lain. Itu adalah contoh amanah. Amanah perlu disampaikan kepada yang berhak menerimanya. Allah memerintahkan agar kita menyampaikan amanah kepada yang berhak.

3. Amanah terhadap diri sendiri

Amanah terhadap diri sendiri dijalani dengan memelihara dan menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, kesejahteraan, dan kebahagiaan diri. Setiap manusia wajub menjaga dirinya sendiri dari segala hal yang membahayakan diri mereka sendiri.


Posting Komentar