Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

BK

Pertumbuhan anak adalah proses bertambahnya ukuran fisik dari waktu kewaktu yang dipengaruhi faktor genetik (modal dasar mencapai hasil akhir proses  tumbuh kembang) dan faktor lingkungan "bio-fisik-psiko-sosial yang menentukan tercapai tidaknya potensi bawaan anak.

Perkembangan adalah bertambahnya fungsi tubuh seperti pendengaran, penglihatan, kecerdasan, tanggung jawab, dan lain-lain.

Dalam periode waktu tertentu, pertumbuhan anak mengalami masa percepatan, perlambatan, dan laju tumbuh yang berlainan di antara tiap organ. Proses tumbuh-kembang tiap anak harus berjalan optimal.

Penyimpangan, gangguan, atau kelainan pada proses tumbuh kembang anak akan merugikan dan menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Tahun-tahun pertama kehidupan merupakan waktu yang penting. Bisa dikatakan, keberhasilan tahun pertama kehidupan anak akan menentukan masa depan anak tersebut.

Pertumbuhan manusia dimulai sejak dalam kandungan. Setelah lahir bayi tersebut akan bertambah besar, berat, dan tinggi seiring dengan bergantinya hari, bulan, dan tahun. Berapa berat badan dan tinggimu sekarang? Tanyakan pada ibumu berapa berat dan tinggi badanmu waktu kamu dilahirkan? Samakah keduanya? Mengapa?

Dengan bertambahnya waktu maka bayi itu menjadi anak kecil yang terus tumbuh sehingga menjadi seorang dewasa. Adanya pergantian dari masa bayi menjadi seorang yang dewasa itu maka dikatakan mengalami perubahan.

Bayi yang tumbuh itu tidak hanya mengalami pertumbuhan saja namun juga mengalami perubahan. Bayi yang tumbuh itu tidak hanya mengalami pertumbuhan saja namun juga mengalami perkembangan karena pertumbuhan tidak akan terlepas dari perkembangan.

Jika yang dikatakan pertumbuhan itu dapat dilihat karena berhubungan dengan fisik (bagian tubuh yang bisa dilihat) namun perkembangan lebih mengarah pada psikis atau kejiwaan.

Seseorang mengalami perkembangan sebagai misal: waktu masih bayi tidak bisa berpikir setelah mengalami perkembangan lambat laut cara berpikirnya mengalami kemajuan, seorang bayi tidak dapat memecahkan suatu masalah namun setelah mengalami perkembangan semakin mudah memecahkan setiap masalah yang timbul.

Dengan kata lain kita dapat menarik kesimpulan bahwa pertumbuhan itu fisiknya (dapat dilihat) sedangkan perkembangan psikisnya (kejiwaan).

Posting Komentar