Sebutkan Empat Asmaul Husna

Materi Agama Islam

Empat asmaul husna yaitu:

1. Al-Alim

Al-Alim artinya Maha Mengetahui. Allah Swt maha mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pengetahuan Allah Swt tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt.

Bahkan peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah SWT. Dengan kata lain, pengetahuan Allah Swt itu tanpa batas.

Allah SWT menyuruh kita untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya agar kamu dapat mengetahui ciptaan-Nya, baik yang ada di langit atau yang ada di bumi. Sesungguhnya, Allah Swt sangat menyukai orang yang rajin mencari ilmu pengetahuan dan mengamalkannya.

Perilaku yang dapat diwujudkan dalam meyakini sifat Allah Al-Alim adalah kita wajib terus-menerus mencari ilmu-ilmu dengan cara belajar.

2. Al-Khabir

Al-Khabir artinya Mahateliti. Allah Mahateliti pada semua ciptaan-Nya. Allah Swt menciptakan berjuta-juta makhluk semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang ia kehendaki. Tidak ada ciptaan Allah Swt yang salah sasaran.

Ini menandakan bahwa Allah Mahateliti dalam menciptakan makhluk-Nya. Demikian pula Allah dapat mengetahui secara detail apa yang dikerjakan makhluk-Nya.

Perilaku yang dapat diwujudkan untuk orang yang percaya bahwa Allah Swt Mahateliti adalah hendaknya kita wajib waspada dan teliti betul apa yang kita lakukan atau apa yang akan kita lakukan.

Kita wajib teliti dan cermat dalam melakukan kegiatan, baik di sekolah, di rumah, atau di tempat lainnya.

3. As-Sami

As-Sami artinya Maha Mendengar. Allah Swt Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di dalam alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengarannya, walaupun suara itu sangat pelan.

Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah Swt yang mempunyai sifat Maha Mendengar adalah kita wajib mau mendengarkan orang lain yang sedang berbicara.

Terlebih lagi jika yang sedang berbicara adalah guru atau orang tua kita. As-Sami juga bisa diteladani dengan cara menjadi orang yang peka pada informasi. Sebagai generasi muslim kamu tidak boleh ketinggalan informasi.

Disamping itu kamu wajib terus berlatih agar dapat memilah informasi baik dan buruk, yang hak dan yang batil.

4. Al-Basir

Al-Basir artinya Maha Melihat. Allah Maha Melihat segala sesuatu meskipun lembut dan kecil. Allah Swt melihat pada saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh alam semesta ini dapat dipantau. 

Perilaku yang mencerminkan keyakinan bahwa Allah Maha Melihat adalah hendaknya kita berusaha semaksimal mungkin untuk dapat melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam ini sebagai bahan renungan akan kebesaran Allah Swt.

Kita diajarkan untuk pandai dan cermat dalam memandang berbagai jenis persoalan di sekeliling kita. Namun jangan lupa, kita juga wajib selalu introspeksi diri untuk melihat kelebihan dan kekurangan kita sendiri agar hidup menjadi lebih terarah.

Posting Komentar