Cara Meringkas Materi Dengan Cepat

BK

Meringkas yang efektif dan berdaya guna tentu kita harus mengoptimalkan fungsi otak kita dengan learning mode. Sudah tidak zamannya lagi kita meringkas hanya mengandalkan fungsi otak kiri kita saja.

Manfaat bila kita membuat ringkasan yang baik adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan pemahaman.
  • Meningkatkan daya ingat.
  • Mempermudah untuk pengulangan.
  • Menghemat waktu belajar.
Ada beberapa teknik meringkas yang perlu diketahui sebagai berikut.

1. Teknik Meringkas Linier

Teknik ini adalah cara meringkas yang paling mudah di awal pembuatannya dan paling banyak dipakai oleh pelajar pada umumnya. Akan tetapi teknik ini hanya mengandalkan teks atau tulisan saja, yang diindikasi dominan menggunakan fungsi otak kiri saja.

2. Teknik Meringkas Arrow

Teknik Arrow adalah teknik meringkas dengan menambahkan garis penghubung seperti anak panah (arrow) untuk menghubungkan satu hal dengan hal lain atau penjelasnya. Teknik ini juga banyak dipakai, walaupun teknik ini lebih baik dari teknik linier, tetapi teknik ini belum secara baik mengoptimalkan seluruh fungsi otak.

3. Teknik Mind Mapping

Salah satu teknik meringkas yang mengoptimalkan fungsi fungsi otak adalah Mind Map. Penemu Mind Map adalah Mr. Tony Buzan, tokoh otak dan kecerdasan dari UK. Kdalam buku Mind Map for Kids, Tony Buzan menyatakan bahwa Mind Map adalah salah satu alat berpkir dan tool belajar dengan moptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan.

Menggunakan kedua belah otak kita itu adalah salah satu kunci utama untuk membuat Mind Map, karena dengan menggunakan kedua otak maka ingatan kita akan meningkat.

Bagi pelajar, ringkasan berguna karena membantu untuk menghemat waktu ringkasan. Dan juga berguna bagi yang meringkas karena proses sintesa informasi adalah suatu kecakapan berpikir tingkat tinggi yang berharga.

Ringkasan yang baik harus memenuhi hal berikut.

a. Singkat

Sebuah ringkasan seharusnya merupakan reformulasi informasi yang paling penting dengan  menggunakan kata-kata Anda sendiri. Ia harus jauh lebih singkat dari pada naskah asli dan harus tidak ada kutipan dari naskah sumber. Kalaupun ada, sedikit saja.

b. Menyebutkan kembali tema pokok bahasan

Sebuah ringkasan memberikan sebuah gambaran singkat dari tema pokok bahasan.

c. Mempunyai sebuah tujuan yang terfokus

Apabila anda mempunyai suatu tujuan khusus mengenai ringkasan itu, ia membantu Anda memilih informasi penting saja dan tetap singkat.

Adapun strategi-strategi untuk menuliskan ringkasan yang efektif sebagai berikut.

  • Baca dan baca lagi secara seksama bahan ringkasan yang dipilih. Pastikan anda mengerti materi bahan yang akan diringkas.
  • Ingatlah kata-kata tanya yang utama: Siapa, Apa, Kapan, Di Mana, Mengapa dan Bagaimana.
  • Reformulasikan poin-poin utama bahan yang diringkas dalam kata-kata Anda sendiri. Hal ini membuat Anda terbebas dari penjiplakan pikiran dan perkataan orang lain. Strategi ini juga memastikan agar Anda tahu apa yang menjadi ide utama.
  • Review ringkasan: baca kembali apa yang telah anda ringkas, pastikan Anda paham apa yang diringkas.

Posting Komentar