Disiplin Dalam Kehidupan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat

BK

Disiplin Dalam Kehidupan Sekolah

Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya.

Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin siswa.

Adapun peraturan, tata tertib, dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah.

Disiplin sekolah adalah usaha untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan disiplin sekolah adalah untuk menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang nyaman terutama di kelas. Di dalam kelas, jika seorang guru tidak mampu menerapkan disiplin dengan baik maka siswa mungkin menjadi kurang termotivasi dan memperoleh penekanan tertentu, dan suasana belajar menjadi kurang kondusif  untuk mencapai prestasi belajar siswa.

Bagi yang melanggar diberi sanksi untuk membeli pelajaran dan memperbaiki dirinya sehingga memelihara dan mengikuti aturan yang ada.

Di lingkungan internal sekolah, pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan yan gmerentang dari pelanggaran tingkat ringan sampai dengan tingkat tinggi, seperti kasus bolos, perkelahian, nyontek, pemalakan, pencurian, dan bentuk-bentuk penyimpangan perilaku lainnya.

Tentu saja, semua itu membutuhkan upaya pencegahan dan penanggulangannya, dan disinilah arti penting disiplin sekolah. Perilaku siswa terbentuk dan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor lingkungan, keluarga, dan sekolah.

Contoh disiplin sekolah yaitu: hadir tepat waktu tidak terlambat, berpakaian seragam sesuai dengan yang ditetapkan sekolah, tepat membayar SPP, tidak membolos.

Disiplin Dalam Kehidupan Keluarga

Keluarga merupakan wadah dimana sifat-sifat kepribadian anak terbentuk pertama kali, dalam keluarga pula anak pertama kali mengenal nilai dan norma dalam hidupnya. keluarga juga merupakan lembaga pendidikan tertua yang bersifat informal dan kodrati.

Keluarga disebut sebagai lembaga pendidikan informal karena pendidikan keluarga tidak memiliki rencana dan program yang resmi seperti lembaga pendidikan lainnya.

Sedangkan pendidikan keluarga bersifat kodrati maksudnya bahwa antara orang tua sebagai pendidik dan anak sebagai peserta didik mempunyai ikatan darah secara kodrati atau alami.

Dengan demikian pendidikan keluarga adalah pendidikan tradisi yang diterima manusia semenjak manusia itu dilahirkan.

Dari penjelasan di atas jelas sudah, bahwa lingkungan keluarga sangat besar peranannya di dalam menentukan dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Perilaku anak sangat dipengaruhi oleh keluarga.

Biasanya anak yang tidak disiplin di sekolah dan masyarakat juga dipengaruhi oleh penanaman kedisiplinan yang longgar di keluarga. Sebaliknya, anak yang disiplin di sekolah dan masyarakat biasanya berangkat dari keluarga yang menerapkan disiplin kepada anak-anak mereka.

Disiplin Dalam Kehidupan Masyarakat

Masyarakat Indonesia mempunyai keinginan yang sama, yaitu terwujudnya masyarakat yang aman, tentram, dan damai sejahtera, baik lahiriah maupun batiniah. Agar kehidupan tersebut terwujud sudah tentu setiap anggota masyarakat harus berdisiplin dalam hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Bentuk disiplin itu sebagai berikut.
  • Sesama anggota masyarakat hendaknya berdisiplin dalam memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan.
  • Sesama anggota masyarakat hendaknya berdisiplin dalam memelihara dan meningkatkan kebersihan serta keindahan lingkungannya.
  • Sesama anggota masyarakat hendaknya berdisiplin dalam sikap dan perilaku terpuji sehingga hidupnya itu bermanfaat bagi orang lain.
  • Sesama anggota masyarakat hendaknya berdisiplin dalam mengendalikan diri dari sifat dan sikap yang tercela karena dapat mendatangkan kerugian terhadap orang lain.

Posting Komentar