Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

BK

Agar dapat hidup sehat makhluk hidup memerlukan pemeliharaan dan perawatan diri yang baik. Adapun yang dapat dilakukan antara lain makan secara teratur dan melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit.

Jenis-jenis makanan apa saja yang diperlukan oleh makhluk hidup/manusia, bagaimana pula cara-cara pencegahan terhadap penyakit?

1. Makanan Bergizi Seimbang

Untuk mencapai pertumbuhan yang sehat, anak harus mendapatkan makanan yang bergizi seimbang. Selain itu jumlah makanan yang diberikan harus sesuai dengan usia dan postur tubuhnya.

Dalam perkembangan selanjutnya anak balita akan tumbuh menjadi remaja dan dewasa. Pada remaja dan orang dewasa pun jumlah makanan yang seimbang harus tetap diperhatikan agar tubuh tetap sehat.

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat gizi tersebut terdiri karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pernahkah kamu mendenganr istilah empat sehat lima sempurna?

Selain makan makanan yang bergizi kita juga harus makan secara teratur. Keteraturan ini meliputi keteraturan waktu, keteraturan jumlah, maupun tata cara makannya. Jika kita makan secara teratur kesehatan tubuh kita akan terjaga.

2. Penyakit (Penyakit Kronis dan Kelainan Kongenital)

Beberapa penyakit kronis seperti glomerulonefritis kronik, tuberkulosis paru dan penyakit seliak dapat mengakibatkan retardasi pertumbuhan jasmani. Hal yang sama juga dapat terjadi pada penderita kelainan jantung bawaan.

3. Perawatan Kesehatan Manusia

Kesehatan manusia perlu dijaga agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Manusia terutama anak balita mudah terserang penyakit. Hal ini terjadi karena sistem pertahanan tubuh anak balita belum bekerja secara sempurna.

Sistem pertahanan tubuh berfungsi untuk melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu upaya untuk menjaga agar anak balita tetap sehat adalah membawa anak balita ke balai pengobatan.

Balai pengobatan yang dapat dituju antara lain posyandu, puskesmas, rumah sakit, rumah praktik dokter, atau balai kesehatan masyarakat.

Di dalam balai pengobatan tersebut dapat diperiksa kesehatannya.

4. Keadaan Sosial-Ekonomi

Hal ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak. Jelas dapat terlihat pada ukuran bayi yang laihir dari golongan orang tua dengan keadaan sosial-ekonomi yang kurang, yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi dari keluarga dengan sosial-ekonomi yang cukup.

5. Musim

Di negeri yang mempunyai 4 musim terdapat perbedaan kecepatan tumbuh berat badan dan tinggi. Pertambahan tinggi terbesar pada musim semi dan paling rendah pada musim gugur. Sebaliknya, penambahan berat badan terbesar terjadi pada musim gugur dan terkecil pada musim semi.

6. Lain-lain

Banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, antara lain pengawasan medis, perbaikan sanitasi, pendidikan, faktor psikologi, dan lain-lain.

Posting Komentar