Rutinitas Menjalankan Ibadah Sangat Mempengaruhi Keberhasilan Belajar

BK

Belajar merupakan suatu proses sehingga memerlukan waktu yang terus menerus atau rutin. Jika Anda semua sudah menjalankan ibadah secara rutin, tugas-tugas di rumah pun akan dikerjakan pula secara rutin termasuk tugas seorang pelajar yang harus dikerjakan secara rutin, yakni belajar.

Jika semua tugas sudah Anda laksanakan secara rutin, otomatis hasil yang akan diperoleh juga semaksimal mungkin. Jika belajar sudah Anda laksanakan secara rutin setiap hari walau hanya kurang lebih 30 menit maka keberhasilan Anda sudah diambang pintu, maka dari itu mulailah tugas pribadi Anda selesaikan secara rutin otomatis hasil yang Anda peroleh bisa baik dan Anda sebagai pelajar dapat dengan mudah mencapai nilai yang baik.

Dengan nilai yang baik akan memudahkan dalam memilih pendidikan yang sesuai dengna keinginan Anda dan cita-cita yang akan Anda canangkan dengan sendirinya akan tercapai dengan memuaskan.

1. Arti Belajar

Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecapakan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

2. Faktor-Faktor Belajar

Belajar sebagai suatu proses atau aktivitas sehingga banyak sekali hal-hal atau fakta-fakta yang mempengaruhinya, adapun faktor-faktor itu dibedakan sbb.

a. Faktor yang berasal dari luar diri pelajar itu banyak sekali, misalnya keadaan udara, suhu udara, cuaca, waktu, tempat alat yang dipakai. Ada juga faktor luar yang berhubungan dengan manusianya, misalnya lingkungan yang gaduh, suara bising kendaraan.

b. Faktor yang berasal dari diri individu, baik keadaan diri individu itu sendiri maupun fungsi fisiologisnya, misalnya kurang gizi, penyakit pilek yang terus menerus, panca indera yang kurang, mata minus.

Adapun faktor yang menyebabkan/mendorong manusia untuk belajar itu sebagai berikut.

  1. Adanya ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang lebih luas.
  2. Adanya sifat yang kreatif yang ada pada manusia dan keinginanya untuk selalu maju.
  3. Adanya keinginan untuk mendapatkan sumpah dari orang tua, guru, dan teman-temannya.
  4. Adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang lalu dengan usaha yang baru, baik dengan kooperasi maupun kompetisi.
  5. Adanya keinginan untuk mendapatkan rasa aman bila menguasai pekerjaan.
  6. Adanya ganjaran atau hukuman sebagai akhir daripada belajar.
Ibadah Rutin akan Mempengaruhi Hasil Belajar

Belajar merupakan suatu proses sehingga memerlukan waktu yang terus menerus atau rutin. Jika anda menjalankan ibadah secara rutin, tugas-tugas di rumah pun akan dikerjakan secara rutin termasuk tugas seorang pelajar yang harus dikerjakan secara rutin, yakni belajar

Posting Komentar