Pengertian Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

Makanan Sehat

Tubuh memperoleh zat gizi dalam bentuk makanan, baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan maupun dari hewan. Kebutuhan tubuh akan zat gizi tidak dapat dipenuhi hanya dengan satu dua macam bahan makanan saja, karena pada umumnya tidak ada satu bahan makanan yang mengandung zat gizi secara lengkap.

Tiap bahan-bahan makanan mengandung zat gizi yang berlainan, baik dalam jumlah maupun macamnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi, kita harus makan berbagai macam bahan makanan setiap hari.

Makanan sehat sering disebut juga makanan seimbang. Artinya, di dalam menu atau susunan hidangan sehari-hari mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan, dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang sesuai atau seimbang satu dengan yang lainnya.

Di samping hal-hal yang menyangkut mutu gizi, makanan sehat harus pula bebas dari kuman-kuman atau zat yang menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, selain mutu gizi, faktor kebersihan makanan perlu pula mendapat perhatian.

Zat-zat dalam makanan yang dibutuhkan tubuh manusia sebagai berikut.

  • Karbohidrat merupakan zat sebagai sumber energi utama yang berperan penting dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa, pembentukan struktur sel, jaringan, dan organ, serta membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan, misalnya selulosa. Sumber karbohidrat adalah seperti pada padi-padian (beras, gandum, jagung), umbi-umbian (singkong, ubi, kentang), tepung, dan sagu.
  • Protein adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh serta pelaksanaan metabolisme tubuh. Kandungan protein banyak terdapat di dalam lauk, misalnya daging, ikan, tahu, tempe, dan juga pada susu.
  • Lemak mempunyai fungsi yang sangat penting. Selain sebagai sumber energi, lemak juga adalah penyusun membran sel, sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan makanan bagi tubuh. Lemak dapat diperoleh dari tumbuhan (nabati) maupun hewan (hewani). Beberapa bahan makanan yang mengandung banyak lemak misalnya adalah seperti kacang-kacangan, minyak goreng, daging, dan susu.
  • Mineral diperlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan tulang dan gigi untuk anak-anak. Kandungan minreal banyak terdapat di dalam makanan yang berkuah.
  • Vitamin diperlukan tubuh sebagai bahan makanan. Fungsi vitamin adalah sebagai pemelihara kesehatan. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin yaitu banyak terdapat dalam buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, dan daging.
  • Air membantu melarutkan makanan dan mempercepat reaksi kimiawi dalam tubuh. Selain itu, air berfungsi untuk mengangkut sisa zat pembakaran yang tidak terpakai.

Pengaruh pola makan sehat, bergizi, dan seimbang terhadap kesehatan

Pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, dengan pola makan yang sehat dan seimbang, kita dapat beraktivitas dengan baik serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, kita dapat memiliki konsentrasi yang tinggi karena kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi secara tepat waktu.

Dengan demikian, stamina tubuh serta kinerja otak akan meningkat sehingga mahasiswa dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Pola makan sehat dan seimbang sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, pedoman sangat diperlukan demi terciptanya pola makan sehat dan seimbang yang diharapkan.

Pedoman pola makan sehat untuk masyarakat secara umum yang sering digunakan adalah pedoman" empat sehat lima sempurna".

Menu makanan bergizi seimbang disajikan dalam menu empat sehat lima sempurna. Menu makanan bergizi seimbang terdapat dalam empat macam makanan sebagai berikut.
  • Makanan pokok (nasi, jagung, singkong, roti, dan sagu).
  • Lauk pauk (daging, telur, ikan, tahu, dan tempe).
  • Sayuran (bayam, kangkung, dan buncis).
  • Buah-buahan (apel, mangga, pisang, dan pepaya).
Apabila kita sudah mengonsumsi empat macam makanan di atas, berarti makanan kita sudah memenuhi syarat kesehatan. Namun, bila ditambah susu, maka akan lebih sempurna. Makanan bergizi seimbang yang dilengkapi susu dinamakan makanan empat sehat lima sempurna.

Selain memenuhi persyaratan empat sehat lima sempurna, dalam menyusun menu makanan bergizi seimbang poerlu memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Bersih dan bebas kuman penyakit.\
  2. Makanan mudah dicerna dalam tubuh.
  3. Bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan.
Tubuh akan menjadi sehat jika mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang seimbang. Apabila kebutuhan gizi seseorang tidak mencukupi atau berlebihan, akan menggangu kondisi kesehatannya. Kelebihan atau kekurangan salah satu zat gizi dapat mengakibatkan gangguan atau penyakit.

Posting Komentar