Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

IPA

Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi. Berbagai sumber energi dapat dikelompokkan menjadi sumber energi tak terbarukan dan energi terbarukan.

Sumber Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah sumber energi yang cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Penggunaan energi terbarukan lebih ramah lingkungan karena mampu mengurangi pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan dibanding energi tak terbarukan.

a. Energi matahari

Energi matahari merupakan sumber energi yang paling utama bagi kehidupan manusia dan terjamin keberadaanya di muka bumi. Berbagai jenis energi, baik yang terbarukan maupun tak terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Energi matahari dapat dikonversi ke bentuk energi lain, seperti panas dan listrik.

b. Pembangkit listrik tenaga air

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah salah satu pembangkit yang memanfaatkan aliran air untuk diubah menjadi energi listrik.

Pembangkit listrik bekerja dengan cara mengubah energi air yang mengalir (dari bendungan atau air terjun) menjadi energi mekanik (dengan bantuan turbin air) dan dari energi mekanik menjadi energi listrik (dengan bantuan generator).

Kemudian energi listrik tersebut dialirkan melalui jaringan-jaringan yang telah dibuat, hingga akhirnya energi listrik tersebut sampai ke rumah penduduk.

c. Energi angin

Energi angin adalah energi yang dihasilkan oleh gaya angin yang berhembus di permukaan bumi.

d. Energi tidal

Energi tidal merupakan energi yang terbarukan. Prinsip kerjanya sama dengan pembangkit listrik tenaga air, di mana air dimanfaatkan untuk memutar turbin dan menghasilkan energi listrik.

Energi diperoleh dari pemanfaatan variasi permukaan laut terutama disebabkan oleh efek gravitasi bulan, dikombinasikan dengan rotasi bumi dengan menangkap energi yang terkandung dalam perpindahan massa air akibat pasang surut.

Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber daya tak terbarukan adalah sumber daya yang persediaan atau keberadaanya terbatas. Sumber daya alam tak terbarukan akan habis apabila dipakai terus-menerus karena jumlahnya terbatas. Berikut macam-macam sumber energi tak terbarukan.

a. Energi hasil tambang bumi

Berikut yang termasuk energi hasil tambang bumi.

1. Minyak bumi

Minyak bumi adalah cairan kental berwarna cokelat gelap atau kehijauan yang mudah terbakar. Minyak bumi menempati lapisan atas dari lapisan kerak bumi.

Bensin, minyak tanah, avtur, LPG, Butana, Diesel, oli, parafin, sulfur, alkena (bahan plastik) aspal merupakan hasil olahan dari minyak bum berdasarkan titik didih dalam proses penyulingan.

2. Gas alam

Gas alam atau gas bumi atau gas rawa adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terdiri atas metana. Gas alam pada umumnya dapat diperoleh dari ladang minyak bumi dan dapat dijumpai pada pertambangan batu bara.

Gas alam dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas atau uap dan bahan bakar kendaraan bermotor (BBG/NGV). Gas alam juga merupakan bahan baku pembuatan pupuk, petrokimia, metanol, plastik, juga digunakan sebagai bahan pengawet makanan dan hujan buatan.

b. Energi nuklir

Energi nuklir termasuk energi yang tidak dapat diperbarui. Energi ini diperoleh dari hasil reaksi inti, yaitu reaksi yang terjadi pada inti atom, di mana partikel-partikel berenergi tinggi bertumbukan dengan inti atom tersebut, sehingga terbentuklah inti baru yang berbeda dengan inti semula.

Posting Komentar