Pengertian, Perkembangan, dan Jenis-Jenis Teknologi

Seni Budaya

 Pengertian dan Perkembangan Teknologi

Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.

Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda-benda berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin.

Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. Teknologi tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud seperti perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian, dan sebagainya.

Manusia menggunakan teknologi dalam bidang komunikasi, pembelajaran, transportasi, bisnis, manufaktur, pengamanan data, dan sebagainya.

Definisi teknologi luas, setiap orang mempunyai cara sendiri memahami maknanya. Yang jelas, teknologi tidak terbatas pada smartphone, laptop, komputer, pesawat, dan kereta.

Peralatan sederhana seperti palu, sendok, kursi, dan botol pun adalah bagian dari teknologi.

Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hidari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahun. Khususnya dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati.

Manusia tidak lepas dari adanya teknologi. Artinya bahwa teknologi merupakan cara mudah dalam kegiatan setiap manusia. Maka dari itu dengan berkembangnya teknologi masalah akan mudah terselesaikan.

Jenis-Jenis Teknologi

Saat ini teknologi telah menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia. Adapun beberapa jenis teknologi adalah sebagai berikut.

1. Teknologi pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan di mana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu.

Beberapa yang termasuk dalam teknologi pendidikan antara lain, metode pengajaran terbaru, peralatan laboratorium sekolah, komputer, ohp, dan lainnya.

2. Teknologi konstruksi

Teknologi konstruksi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan.

Beberapa yang termasuk di dalamnya, antara lain, metode kerja, software gambar struktur (Auto CAD), alat-alat berat, dan sebagainya.

3. Teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dan saling mengirimkan informasi dengan menggunakan suatu perangkat khusus.

Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi komunikasi, antara lain, smartpone, mesin fax, email, aplikasi chatting, dan lainnya.

4. Teknologi medis

Teknologi medis adalah suatu teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran di mana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi komputer.

Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi medis antara lain tensimer, termoter tubuh, stetoskop, alat suntik, infus, alat USG, alat X-Ray, dan lain-lain.

5. Teknologi informasi

Teknologi informasi (TI) adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat.

Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi ini antara lain televisi, radio, media online, dan lain-lain.

Posting Komentar