Sebutkan dan berikan contoh motif ragam hias dalam membuat kerajinan

Seni Budaya

Sebut dan berikan contoh motif ragam hias dalam membuat kerajinan!

Jawaban:

  1. Ragam hias flora (vegetal). Contoh pada batik, ukiran, kain sulam, kain tenun, dan bordir.
  2. Ragam hias fauna (animal). Contoh pada batik, ukiran, sulaman, anyaman, tenun, dan kain bordir.
  3. Ragam hias geometris. Contoh pada batik kawung dan kain tenun.
  4. Ragam hias figuratif. Contoh pada batik Ondel-Ondel dari Betawi.
Penjelasan:

1. Ragam hias flora (vegetal)

Ragam hias flora adalah jenis ragam hias yang menggunakan flora (tumbuh-tumbuhan) sebagai objek motifnya. Motif flora bisa dibuat sesuai aslinya, tetapi ada pula seniman yang membuat ragam hias flora sesuai dengan imajinasinya.

Jenis ragam hias ini dapat ditemui hampir di seluruh daerah di Indonesia, misalnya pada kain batik, kain sulam, tenun, seni pewayangan, atau rumah tradisional. Contoh ragam hias flora, antara lain pepatraan, kekarangan, dan keketusan.

2. Ragam hias fauna (animal)

Bentuk ragam hias fauna memiliki keindahan dan keunikan yang sama dengan ragam hias flora. Adapun beberapa tahapan dalam menggambar ragam hias fauna sebagai berikut.

  1. Tentukan jenis fauna yang akan dibuat gambar ragam hias.
  2. Buatlah pola gambar ragam hias.
  3. Berilah warna pada hasil gambar ragam hias.
3. Ragam hias geometris

Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geomeris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi penciptanya.

Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris, seperti lingkaran, segitiga, dan segi empat ke dalam satu motif ragam hias. Gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di seluruh daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

4. Ragam hias figuratif

Bentuk ragam hias figuratif merupakan ragam hias yang berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.

5. Ragam hias alam benda

Motif dari objek alam benda dapat termasuk ke dalam jenis ragam hias alam benda. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai beberapa motif hias yang tidak termasuk dalam kategori ragam hias flora, fauna, geometris, dan figuratif. Misalnya seperti motif keris, parang, payung, kipas, dan lain-lain.

Baca materi yang lebih lengkap: Pengertian dan Motif Pola Ragam Hias

Posting Komentar