Apa perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2?

Cek Darah Diabetes Tipe 2

Kebanyakan orang tahu ada dua jenis diabetes, tetapi tidak semua orang memahami perbedaan di antara keduanya. Pada diabetes tipe 1 dan tipe 2, kadar gula darah bisa menjadi terlalu tinggi karena tubuh tidak memproduksi insulin (hormon yang mengatur gula darah)—atau tidak menggunakan insulin dengan benar. Meskipun masalahnya pada dasarnya sama pada kedua jenis, mereka memiliki penyebab dan perawatan yang berbeda. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Diabetes Tipe 1

Perbedaan utama antara kedua jenis diabetes adalah bahwa diabetes tipe 1 adalah kelainan genetik yang sering muncul di awal kehidupan, dan tipe 2 sebagian besar terkait dengan diet dan berkembang dari waktu ke waktu. Jika Anda menderita diabetes tipe 1, sistem kekebalan Anda menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas Anda. (Pankreas adalah organ datar yang terlihat seperti koma menyamping yang memanjang dan menggantung di belakang perut Anda.)

Kabar baiknya adalah perawatan saat ini memungkinkan orang dengan diabetes tipe 1 untuk belajar mengelola efek dari gangguan tersebut dan tetap menjalani kehidupan yang relatif "normal".

Ada beberapa cara untuk mengobati diabetes tipe 1:

1. Pantau gula darah Anda. Hidup dengan diabetes berarti membiasakan diri dengan kadar gula darah yang sehat dan memeriksanya secara teratur. Bergantung pada rekomendasi spesifik penyedia layanan kesehatan Anda, Anda mungkin perlu memeriksanya empat hingga sepuluh kali sehari . Anda akan menggunakan pengukur gula darah kecil yang disebut glukometer untuk mengukur kadar glukosa dengan tusukan jarum darah pada strip tes sekali pakai. Pilihan lain adalah memiliki monitor glukosa terus menerus, yang secara otomatis mengukur gula darah Anda setiap beberapa menit menggunakan sensor yang dimasukkan di bawah kulit.

2. Ambil insulin. Karena tubuh Anda tidak memproduksinya sendiri, Anda harus mendapatkannya dengan cara lain. Ada beberapa metode untuk mengambil insulin, termasuk suntikan reguler atau pompa insulin yang dapat dipakai, yang memberikan dosis kecil insulin kerja cepat yang stabil sepanjang hari melalui tabung tipis. Meskipun jelas bukan gaya hidup yang paling nyaman, sering menjadi kebiasaan bagi orang yang hidup dengan diabetes tipe 1.

3. Pertahankan diet seimbang. Anda tidak harus terlalu membatasi, tetapi karbohidrat adalah makanan yang harus Anda perhatikan, pastikan untuk memakannya secara konsisten tetapi tidak berlebihan. Jika Anda menggunakan insulin dalam jumlah tetap, menjaga asupan karbohidrat Anda tetap konsisten adalah penting.

4. Latihan. Tetap aktif selalu merupakan komponen kesehatan yang penting, tetapi bagi penderita diabetes tipe 1, ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan menyebabkan tubuh Anda menggunakan insulin lebih efisien.

Jadi apa saja tanda-tanda diabetes tipe 1?

Jika Anda atau orang yang Anda cintai menunjukkan gejala-gejala ini, ada baiknya Anda memeriksakan diri:
  • Rasa haus yang meningkat.
  • Sering buang air kecil.
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  • Kelelahan dan kelemahan.
  • Penglihatan kabur.

Mendiagnosis Diabetes Tipe 1

Untuk mendiagnosis diabetes tipe 1, Anda perlu melakukan tes darah, salah satunya disebut skrining A1C . Pemutaran A1C mengukur kadar gula darah Anda dari dua hingga tiga bulan terakhir dan dapat digunakan untuk mendiagnosis diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan pradiabetes. Life Line Screening juga menawarkan penyaringan A1C dari privasi rumah Anda sendiri melalui pengujian rumah kami. Anda dapat mempelajari lebih lanjut di sini .

Ketika menjadi darurat:

Ada komplikasi diabetes tipe 1 yang disebut ketoasidosis diabetik (DKA), yang diakibatkan oleh gula darah yang sangat tinggi dan serius serta mengancam jiwa. Dengan DKA, sel-sel dalam tubuh kekurangan energi, sehingga mereka mulai memecah lemak , menghasilkan asam beracun yang dikenal sebagai keton. Jadi jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami gejala ini di atas gejala diabetes, saatnya untuk pergi ke UGD:
  • Mual dan muntah.
  • Sakit perut parah.
  • Sakit dada.
  • Koma
Diagnosis DKA paling sering juga menghasilkan diagnosis diabetes tipe 1.

Komplikasi lain adalah gula darah rendah atau hipoglikemia, yang dapat terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi insulin. Hipoglikemia membutuhkan perawatan segera untuk mengembalikan gula darah normal — biasanya dengan makanan tinggi gula, minum jus atau minuman ringan biasa, makan permen, atau minum tablet atau gel glukosa.

Jika kadar gula darah menjadi terlalu rendah, tanda dan gejala dapat meliputi:

  • Kelelahan.
  • Kulit pucat.
  • Kegoyahan.
  • Detak jantung tidak teratur atau cepat.
  • Kecemasan.
  • Berkeringat.
  • Kelaparan.
  • Gampang marah.
  • Kesemutan atau mati rasa pada bibir, lidah atau pipi.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 lebih umum di AS daripada tipe 1, dan biasanya disebabkan oleh gaya hidup. Dengan diabetes tipe 2, tubuh Anda masih menghasilkan sejumlah kecil insulin, tetapi tidak cukup efektif. Pankreas tidak dapat mengikuti kadar gula darah tinggi akibat pola makan yang buruk dan kurang olahraga. Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 sebenarnya memiliki "resistensi insulin", yang berarti pankreas memproduksi insulin tetapi tubuh tidak mengenalinya (ini berbeda dari tipe 1, di mana sel-sel penghasil insulin diserang oleh sistem kekebalan).

Faktor risiko diabetes tipe 2:

Risiko Anda terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi jika diet Anda tinggi karbohidrat dan lemak tetapi rendah serat, jika Anda tidak terlalu aktif secara fisik dan/atau jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Konsumsi alkohol yang tinggi dan usia juga merupakan faktor risiko. Meskipun gen memang berperan dalam kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2, itu dapat dicegah dengan pilihan gaya hidup yang tepat, tidak seperti tipe 1.

Cara mengobati diabetes tipe 2:

Tidak seperti tipe 1, penderita diabetes tipe 2 seringkali tidak perlu mengonsumsi insulin, karena tubuh mereka masih memproduksi insulin dalam jumlah kecil. Meskipun ada obat-obatan seperti Metformin yang tersedia untuk membantu menurunkan gula darah, cara utama untuk mengobati diabetes tipe 2 adalah:

1. Diet seimbang. Makan buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak sambil menghindari lebih dari sesekali makanan tinggi lemak dan tinggi gula adalah langkah pertama dan paling penting untuk mengobati diabetes tipe 2.

2. Latihan. Tetap aktif juga sangat penting. Ada begitu banyak cara untuk berolahraga. Cobalah berbagai aktivitas untuk menemukan jenis olahraga yang Anda sukai dan masukkan ke dalam rutinitas mingguan Anda.

3. Penurunan berat badan. Tentu saja, jika Anda berusaha untuk makan lebih sehat dan berolahraga, ini mungkin produk sampingan. Menurunkan berat badan lebih sedikit tentang angka pada timbangan dan lebih banyak tentang merawat tubuh Anda dan mengurangi ketegangan pada pankreas Anda.

4. Pemantauan glukosa darah. Memeriksa gula darah Anda secara teratur akan menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Sangat penting untuk selalu mengetahui bagaimana level Anda sepanjang hari dan menyesuaikan makanan dan aktivitas Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan mengetahui rejimen dan keseimbangan yang paling cocok untuk Anda.

Bagaimana saya tahu jika saya mungkin menderita diabetes tipe 2?

Jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, ada baiknya Anda memeriksakan diri:
  • Rasa haus yang berlebihan.
  • Sering buang air kecil.
  • Kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki Anda.
  • Kelelahan.
  • Penglihatan kabur.
  • Meningkatnya rasa lapar.
  • Kulit yang gatal.
  • Pencegahan.
Karena sifat genetik dari diabetes tipe 1, tes darah untuk menentukan kemungkinan tipe 1 tidak sering dilakukan atau direkomendasikan oleh dokter. Ketika gejala muncul, tes darah diperlukan untuk diagnosis. Seperti disebutkan sebelumnya, skrining A1C menentukan kadar gula darah dari dua hingga tiga bulan terakhir dan biasanya digunakan untuk diagnosis tipe 1, tipe 2 dan pradiabetes.

Sebaliknya, ada banyak cara untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Ini sangat penting jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga Anda. Cara untuk menurunkan risiko Anda meliputi:

  • Latihan berolahraga.
  • Menurunkan berat badan.
  • Diet sehat.
  • Pertahankan tekanan darah rata-rata.
  • Pertahankan konsumsi alkohol yang rendah.
  • Berhenti merokok.
  • Tingkatkan asupan serat Anda.
Pradiabetes berarti Anda memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal, tetapi belum cukup tinggi untuk dianggap sebagai diabetes tipe 2. Penyebab, tanda dan pencegahan pada dasarnya sama dengan tipe 2, tetapi orang di bawah 45 tahun memiliki risiko yang jauh lebih rendah.

Jika Anda memiliki salah satu gejala diabetes atau pradiabetes, pastikan untuk melakukan tes sesegera mungkin. Jadwalkan pemutaran A1C untuk memulai.

Diabetes tipe 1 adalah kelainan genetik yang biasanya muncul di awal kehidupan, dan diabetes tipe 2 berkembang dari waktu ke waktu, sebagian besar karena diet. Dalam kedua kasus, tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin untuk mengatur gula darah Anda dengan benar, tetapi untuk alasan yang berbeda. Jika Anda menunjukkan gejala, Anda dapat menjalani tes diabetes dengan skrining A1C, yang mengukur gula darah Anda selama 2-3 bulan terakhir.

Posting Komentar