Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Mudah

Virus

Sariawan mulut , juga disebut kandidiasis oral, adalah infeksi jamur pada mulut. Itu terjadi ketika ada penumpukan jamur Candida albicans di lapisan mulut.

Sariawan mulut dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak.

Jika Anda menderita sariawan, Anda memerlukan obat antijamur untuk membersihkan ragi. Namun, Anda mungkin dapat membantu mengelola gejala yang mengganggu dengan pengobatan rumahan juga.

Sangat penting untuk mengobati sariawan sesegera mungkin untuk menahan infeksi. Dokter sering meresepkan obat antijamur dalam bentuk obat kumur, pil, atau pelega tenggorokan.

Kasus sariawan ringan dapat hilang dengan sendirinya.

Pengobatan rumah berikut, yang digunakan sebagai tambahan obat antijamur, dapat membantu meringankan gejala infeksi.

1. Air asin

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Ini menjadikannya obat rumah yang umum untuk banyak masalah mulut.

Membilas mulut Anda dengan air garam dapat membantu meringankan gejala sariawan.

Menggunakan:

  1. Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat.
  2. Gosokkan larutan ke seluruh mulut Anda.
  3. Keluarkan larutan garam.

2. Soda kue

Membilas mulut Anda dengan soda kue (natrium bikarbonat) dapat membantu mengobati sariawan.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009 , peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida albicans yang menempel pada resin akrilik. Tes ini dimaksudkan untuk mensimulasikan desinfektan gigi palsu setiap hari.

Para peneliti menyimpulkan bahwa, meskipun bukan bentuk disinfektan yang paling efektif, soda kue adalah “alternatif yang layak.”

Menggunakan:

  1. Larutkan 1/2 sendok teh soda kue dalam 1 gelas air hangat.
  2. Kumur bilas ke seluruh mulut Anda.
  3. Keluarkan bilasan.

3. Yoghurt

Yoghurt probiotik mengandung biakan bakteri "baik" hidup yangmungkin membantuSumber Tepercayamengobati sariawan.

Kultur tidak membunuh Candida . Sebaliknya, mereka menghentikan pertumbuhannya. Mereka juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut.

Karena lembut, yogurt juga merupakan makanan yang baik untuk dimakan jika Anda mengalami kesulitan menelan karena luka di mulut dan tenggorokan yang menyakitkan.

Menggunakan:

  1. Makan yogurt beberapa kali sehari pada tanda pertama sariawan.
  2. Pilih jenis yogurt tanpa pemanis karena Candida tumbuh subur dengan gula.
  3. Jika Anda tidak menyukai yogurt, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari.

4. Jus lemon

Jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan.

Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2009 , jus lemon ditemukan menjadi pengobatan yang lebih efektif untuk sariawan daripada gentian violet di antara orang dengan HIV. (Ungu Gentian adalah obat rumah lain untuk sariawan, tetapi bukti terbaru menunjukkan hal itu dapat menyebabkan kanker.) Karena penelitian ini kecil, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Menggunakan:

  1. Tambahkan jus setengah lemon ke 1 cangkir air hangat atau dingin.
  2. Minum ramuan tersebut, atau gunakan sebagai obat kumur.

Beberapa orang mengoleskan jus lemon langsung ke lesi sariawan, tetapi keasaman lemon dapat menyebabkan rasa terbakar dan iritasi.

5. Kunyit

Kunyit mendapatkan warna kuning cerah dari kurkumin. Curcumin adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi.

Menurut sebuah studi tahun 2010 pada tikus, kurkumin dapat mengobati sariawan. Studi ini menemukan kurkumin menjadi antijamur terhadap spesies Candida albicans dan non- albicans , terutama bila dikombinasikan dengan piperin.

Piperine adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam yang membantu tubuh menyerap kunyit. Penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.

Menggunakan:

  1. Buat " susu emas " dengan menggabungkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh pasta kunyit (dibeli di toko atau buatan sendiri) dengan sedikit lada hitam dan 1 cangkir air atau susu yang disaring pilihan Anda.
  2. Panaskan dalam panci hingga hangat.
  3. Kumur campuran ke seluruh mulut Anda saat Anda meminumnya.

6. Minyak cengkeh

Orang telah menggunakan minyak cengkeh sebagai obat tradisional untuk masalah mulut selama berabad-abad. Itu masih digunakan dalam kedokteran gigi hari ini sebagai antiseptik dan pereda nyeri.

Menurut2005 studi in vivo dan in vitroSumber Tepercayapada tikus yang mengalami imunosupresi, senyawa utama dalam minyak cengkeh (eugenol) ditemukan sama efektifnya dalam mengobati sariawan dengan obat antijamur nistatin (Mycostatin).

Penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan, tetapi mungkin bermanfaat sebagai tambahan pengobatan.

Menggunakan:

Ambil minyak cengkeh sebagai suplemen makanan seperti yang diarahkan oleh produsen atau dokter Anda. Anda juga bisa membuat obat kumur cengkeh:

  1. Seduh 1 sendok teh cengkeh utuh dalam 1 gelas air mendidih selama minimal 5 menit.
  2. Saring solusinya, simpan cairannya.
  3. Kumur cairan di sekitar mulut Anda.
  4. Keluarkan solusinya.
  5. Cengkih dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek mati rasa di mulut pada beberapa orang.

Beli minyak cengkeh sini .

7. Minyak oregano

Minyak oregano digunakan untuk membumbui makanan, tetapi juga memiliki kemampuan antimikroba dan antijamur.

Menggunakan:

  1. Campurkan 2 tetes minyak oregano dengan 1 gelas air.
  2. Gosokkan campuran tersebut ke seluruh mulut Anda.
  3. Keluarkan campurannya.

Jangan pernah menggunakan minyak oregano murni secara oral atau topikal.

8. Cuka sari apel

Orang dengan gigi palsu memiliki risiko lebih tinggi terkena sariawan. Gigi palsu yang tidak pas atau tidak dibersihkan dengan baik memberikan lingkungan yang ideal bagi Candida untuk berkembang. Ini dapat menyebabkan kondisi yang mirip dengan sariawan yang disebut denture stomatitis.

Menggunakan:

  1. Tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam 1 gelas air.
  2. Kumur bilas ke seluruh mulut Anda setidaknya selama 15 detik.
  3. Keluarkan campurannya.

Beberapa ahli kesehatan alami merekomendasikan berkumur dengan cuka sari apel murni, tetapi ini dapat menyebabkan sensasi terbakar yang menyakitkan di mulut Anda.

9. Vitamin C

Vitamin C (juga disebut asam askorbat) diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Ini dilakukan denganmendorongSumber Tepercayaproduksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Ini juga membantu sel-sel ini berfungsi lebih efektif dan melindungi mereka dari molekul berbahaya.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat membantu mengembalikan keseimbangan ke tubuh Anda. Meningkatkan asupan vitamin C jika Anda kekurangan dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengalahkan infeksi.

Posting Komentar