Makanan Empat Sehat Lima Sempurna yang Penting dan Bergizi

Makanan Sehat


Bagi yang belum tahu, makanan empat sehat lima sempurna adalah program pemerintah yang mengharuskan setiap orang mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan dalam satu waktu.

Pola makan yang sehat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dan isilah ini lebih dikenal dengan sebutan makanan empat sehat lima sempurna.

Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari berbagai macam komposisi, mulai dari nasi, sayur, buah-buahan, dan susu sebagai pelengkapnya. Lalu apa saja sih komponen penyusun pola makan 4 sehat 5 sempurna?

Dan perlu diketahui, penjelasan yang lebih lengkap tentang makanan empat sehat lima sempurna bisa dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Empat_sehat_lima_sempurna


Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

1. Makanan Pokok

Makanan sehat merupakan makanan yang susunan menunya sangat lengkap dan mengandung zat gizi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Salah satu menu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi adalah makanan pokok.

Makanan pokok merupakan makanan yang sangat kaya akan karbohidrat. Bagi yang belum tahu, karbohidrat merupakan suatu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat energi. Kamu bisa mendapatkan makanan pokok dari nasi, sagu, jagung, singkong, kentang, ataupun umbi-umbian dan gandum.

Di Indonesia, makanan pokok umumnya biasanya berupa nasi karena nasi merupakan salah satu makanan yang cukup diandalkan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, tetapi di beberapa daerah, makanan pokok jenis lain juga biasanya dikonsumsi seperti contohnya, kombinasi beras dan jagung yang sangat umum dikonsumsi di Madura, dan untuk daerah di Papua, umumnya mereka mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakan makanan pokok karena zat gizi ini sangat penting sebagai sumber energi di dalam tubuh. Jadi, makanan pokok tersebut bisa mendukung aktivitas sehari hari agar tetap bugar.


2. Lauk Pauk

Lauk pauk merupakan makanan yang memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Jika makanan pokok memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, lauk pauk memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada saat usia tumbuh kembang anak, protein sangat diperlukan untuk untuk membangun tubuh. Tapi pada saat usia dewasa, protein dapat diubah menjadi cadangan energi. Selain itu, protein juga merupakan salah satu zat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menu makanan yang termasuk ke dalam 4 sehat 5 sempurna ini juga memiliki fungsi untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak menjadi kembali baik lagi.

Protein tersebut dapat diperoleh dari dua jenis makanan, yakni nabati dan hewani. Protein nabati umumnya berasal dari kacang-kacangan dan olahannya seperti contohnya seperti tahu dan tempe yang merupakan olahan dari bahan pokok kacang kedelai.

Sementara itu, protein hewani umumnya dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging dan olahannya. Jika menginginkan lauk pauk hewani, maka bisa diperoleh dari ikan, ayam, kambing, seafood, sapi, dan yang lain sebagainya.

Namun, konsumsi protein hewani sebaiknya harus dibatasi karena sumber protein hewani juga biasanya mengandung lemak dan kolesterol yang dapat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya protein dari daging unggas dan makanan laut lebih sehat daripada daging merah.


3. Sayuran

Sumber menu makanan yang tak kalah penting bagi tubuh selanjutnya ialah sayuran. Salah satu jenis sayuran yang paling banyak mengandung nutrisi yaitu sayur jenis hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, daun singkong, dan lain sebagainya. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi ini sangat berguna untuk menghindari kerusakan sel tubuh karena radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi sayuran setiap hari secara rutin bisa membantu pencernaan dan membuang detox di dalam tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dari sayuran seperti vitamin, kalium, mineral, dan juga serat tinggi.

Selain mempunyai kandungan serat yang baik untuk proses pencernaan, sayuran pun juga mengandung berbagai mineral dan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh agar bekerja dengan baik. Contohnya, wortel kaya akan vitamin A yang sangat diperlukan oleh mata, sementara bayam juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Saat mengonsumsi sayuran, juga sangat perlu diperlu diperhatikan kebersihan dari sayuran yang akan dikonsumsi karena sayuran bisa terpapar oleh pestisida dan zat berbahaya yang lainnya. Dan juga pastikan sayuran yang kamu konsumsi tersebut sudah dibersihkan dengan benar.

Dengan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna, metabolisme di dalam tubuh dapat menjadi lebih baik. Sehingga kamu dapat terbebas dari ancaman penyakit yang berbahaya.


4. Buah-Buahan

Tidak hanya sayuran saja yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral dalam tubuh sebab buah-buahan juga harus menjadi makanan wajib kamu di menu harian. Konsumsi buah-buahan juga tak kalah penting dari sayuran dan bahan makanan lain karena buah-buahan juga kaya akan serat yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Dibalik warna buah yang begitu beragam, ternyata tersimpan kandungan nutrisi yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan gizi. Contohnya ialah buah jeruk kaya akan vitamin C, sedangkan buah naga mengandung zat besi yang diperlukan untuk mecegah anemia.

Dan biasanya, buah dengan warna hijau memiliki kandungan folat, kalsium, beta karoten, dan vitamin C. Kandungan buah tersebut juga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita kolesterol dan vitamin dan kalium pada buah-buahan juga bisa menjaga kesehatan mata, penangkal radikal bebas dan menjaga pencernaan. Sedangkan buah yang memiliki warna kuning biasanya cenderung memiliki kandungan vitamin C yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker.

Meskipun buah-buahan biasanya dianggap mewah, sebenarnya kita juga dapat mengonsumsi buah-buahan dengan harga yang sangat ekonomis. Indonesia diberkahi dengan tanah yang subur dan iklim tropis yang dapat memungkinkan berbagai jenis tanaman buah tumbuh subur di Negara ini. Buah-buahan musiman seperti mangga dan duku atau buah yang juga tersedia sepanjang tahun seperti pisang dapat diperoleh dengan mudah.


5. Susu

Salah satu dari makanan empat sehat lima sempurna ini merupakan minuman yang sangat cocok sebagai pelengkap asupan gizi karena susu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Susu juga merupakan asupan kalsium yang sangat berperan penting untuk menjaga keutuhan tulang. Sebagai salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna, susu juga mengandung banyak sekali protein. Dan tidak hanya itu saja, susu juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, dan kalsium.

Kamu bisa mendapatkan protein susu tersebut dari susu sapi, kambing, kedelai, kuda, dan juga susu dari kacang almond. Tapi juga perlu diingat bahwa tidak semua orang dapat mengonsumsi susu karena beberapa orang dapat mengalami intoleransi laktosa yang menyebabkan penderitanya tidak dapat mencerna laktosa zat dari susu.

Itulah beberapa makanan empat sehat lima sempurna yang harus kamu konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi makanan pokok, sayuran, lauk pauk, buah-buahan dan susu. Dengan begitu, tubuh kamu akan terhindar dari ancaman penyakit berbahaya.


Posting Komentar