Pengertian JDK, JRE, IDE, Beserta Program Sederhana Di Java

PBO

Pengertian JDK JRE Dan IDE

Penjelasan singkat pengertian JDK JRE Dan IDE, Java Development Kit (JDK) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kompilasi dari kode Java yang dibuat oleh pengembang aplikasi, kemudian menerjemahkanya ke dalam bytecode untuk dijalankan oleh JRE, Java Runtime Evironment (JRE) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan program atau aplikasi yang berbasis Java. Sedangkan Intergrated Development Environment (IDE) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun suatu program atau aplikasi. Contoh IDE yang digunakan adalah Netbeans dan Eclipse.

Mengenal Java

Java adalah bahasa pemograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana. (https://id.wikipedia.org/wiki/Java).

Program Java sendiri melewati lima fase, yaitu.

  1. Fase editing yang merupakan fase saat user merancang kode program pada teks editor. Apabila kode program selesai dan disimpan maka format file adalah .java.
  2. Fase compiling dimana merupakan fase kompilator menciptakan bytecode dan menyimpannya pada disk. Apabila fase ini sukses maka akan menghasilkan file yang memiliki format . class.
  3. Fase loading merupakan fase saat class loader membaca file .class yang berisi bytecode dari disk dan meletakkanya di memori.
  4. Fase verifing merupakan fase saat bytecode verifier mengkonfirmasi bahwa semua bytecode sah dan tidak melanggar batasan keamanan java.
  5. Fase excuting merupakan fase saat interpreter membaca bytecode dan menerjemahkanya menjadi bahasa yang dipahami komputer.

1. Pengertian JDK dan JRE

Untuk para pengembang Java sering mendengar istilah JDK, JRE dan IDE. Biasanya JDK dan itu diinstal terlebih dahulu sebelum kita membuat atau menjalankan aplikasi yang berbasis Java.

a. Java Development Kit (JDK)

Java Development Kit (JDK) berisi sekumpulan baris perintah (command-line tool) untuk menciptakan program Java. Dengan kata lain, JDK merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kompilasi dari kode Java yang dibuat oleh pengembang aplikasi, kemudian menerjemahkanya ke dalam bytecode untuk dijalankan oleh JRE.

Pada tahun 2009-2010, Oracle Corporation mengakuisisi Sun Microsystem, Inc. Sehingga untuk men-download JDK dapat membuka pada alamat http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. Tetapi kamu harus menyesuaikan versi JDK dengan sistem operasi pada komputermu. Berikut adalah daftar komponen utama JDK.

  1. Kompilator (javac).
  2. Interpreter program Java (java).
  3. Applet viewer (appletviewer).
  4. Debugger (jdb).
  5. Class file disassembler (javap).
  6. Header and stub file generator (javadoc).
  7. Documentation generator (javadoc).
  8. Applet demo.
  9. Kode sumber Java API.

b. Java Runtime Evironment (JRE)

JRE merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan program atau aplikasi yang berbasis Java. Apabila kode-kode Java yang dibuat oleh pengembang telah selesai dikompilasi oleh JDK, maka tugas JRE lah yang menjalankan aplikasi berbasis Java tersebut. Untuk menjalankan aplikasi Java, versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari versi JDK yang terinstal di komputer pengembang.

2. Pengertian Intergrated Development Environment (IDE)

IDE merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun suatu program atau aplikasi. Contoh IDE yang digunakan adalah Netbeans dan Eclipse. Netbeans dan Eclipse memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi terlepas dari hal itu, kedua IDE ini merupakan IDE handal untuk membuat suatu aplikasi Java. Dan pada artikel ini difokuskan menggunakan IDE yaitu Netbeans.

Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan dalam berbagai platform seperti Windows, Linux, Mac OS X dan Solaris.

Netbeans juga digunakan untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program Netbeans yang ditulis dalam bahasa pemogeraman Java. Selain itu, Netbeans mendukung bahasa pemograman lainya seperti C/C++, PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby. 

Setelah selesai menginstal JDK dan Netbeans, langkah selanjutnya yang dilakukan sebelum mulai menggunakan Java adalah menginstal JRE terlebih dahulu. Cara menginstal JRE sama seperti menginstal JDK dan Netbeans, yaitu dengan cara dobel klik aplikasi yang telah di download kemudian klik Install dan tunggu sampai proses install selesai.

3. Program Sederhana Java

Setelah berhasil menginstal JDK, Netbeans, dan JRE, sekarang mari kita belajar untuk membuat sebuah program sederhana berbasis Java. Langkah pertama adalah dengan membuka Netbeans dengan cara double klik pada aplikasi Netbeans. Setelah itu kamu klik File --> New Project --> Java--> Java Application --> Next --> Isi nama project --> Pilih tempat penyimpanan project --> Finish. Isikan nama projek "Belajarjava". jika sudah selesai, berarti kamu telah membuat package dengan nama "belajarjava". Untuk merancang sebuah kode program, kamu harus membuat class dahulu di dalam package, sebagai contoh, membuat class bernama "belajarpbo".

Setelah berhasil membuat class "belajarpbo", kita akan membuat sebuah class dengan nama belajar. Sama seperti kompilator lainnya, kamu dapat langsung menuliskan kode program yang kamu inginkan. Untuk program awal uang sederhana, kamu dapat menuliskan kode program sebagai berikut.

package belajarjava;

public class belajarpbo {

public static void main (String args [ ] )

{

System.out.println("Hello World");

}

}

Sintaks Java untuk menampilkan teks Hello World

Penjelasan dari kode program diatas sebagai berikut.

  • public adalah sebuah keyword di Java yang menandakan bahwa objek, method, atau atribut dapat diakses dari class lain.
  • class adalah sebuah keyword di Java yang digunakan untuk membuat sebuah class.
  • static adalah sebuah keyword untuk membuat sebuah method tidak perlu diinstansiasi terlebih dahulu.
  • void adalah sebuah keyword untuk membuat sebuah method tidak mengembalikan nilai apapun alias kosong.
  • belajarjava merupakan nama package dan belajarpbo merupakan nama class.
  • System.out.println ("Hello World") merupakan perintah untuk menuliskan kata Hello World.

Cobalah untuk menjalankan kode program yang kamu buat dengan cara Run -> Run FIle.

1 komentar

  1. Bang kamu wibu ya