Beberapa Web Browser Yang Populer Di Dunia

Materi Web

Web Browser memiliki URL (Uniform Resource Identifier) atau pengidentifikasi seragam. URL merupakan suatu rangkaian karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber dan layanan nama di Internet. Kamu pasti pernah menggunakan salah satu web browser dengan mesin pencari google untuk mencari sesuatu informasi. Terdapat beberapa web browser yang populer di dunia adalah sebagai berikut.

1. Mozila Firefox.


Mozila Firefox (aslinya bernama Phoenix) diciptakan oleh pemuda berusia 19 tahun yang bernama Blake Ross. Pada awalnya browser ini bernama Mozila. Pertama rilis dengan versi 1.0 nya pada tanggal 9 November 2004. Kemudian Mozila digabungkan dengan Firefox yang merupakan sebuah program yang diciptakan oleh Blake Ross bersama Dave hyatt. Maka, setelah itu namanya berubah menjadi Mozilla Firefox. Browser ini dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD dan merupakan salah satu web browser yang populer di dunia.

2. Internet Explorer.


Internet Explorer biasa disingkat dengan IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. IE tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP.

3. Google Chrome.


Google Chrome adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjelajah dunia maya seperti halnya Firefox, Opera, ataupun Microsoft Edge. Jika Firefox dikembangkan oleh Mozilla, Google Chrome dibuat dan dirancang oleh Google.

4. Safari.

Safari merupakan sebuah aplikasi penjelajahan internet yang dikembangkan oleh Apple. Browser ini tercakup dalam sistem operasi Mac OS X dan iOS. Safari pertama kali dirilis pada 7 Januari 2003 dalam bentuk beta.

Penggunaan Web Browser Terbanyak.


berdasarkan situs w3counter.com yang diakses per september 2017, Google Chrome digunakan oleh sekitar 56% pengguna Internet, yang kemudian diikuti oleh web browser safari dan Firefox masing-masing 14% dan 9%. Artinya, Google Chrome sangat dominan dipakai web browser. Hal ini disebabkan tren smartphone yang menggunakan OS Android sudah langsung terinstal web browser Google Chrome. Begitu juga jika menggunakan iPhone, sudah langsung terinstal web browser safari

Posting Komentar