Sumber Daya Yang Dimiliki Oleh Perusahaan Dapat Dikategorikan 6 Tipe Yaitu

Materi Kewirausahaan

Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan sebagai 6 tipe sumber daya (6 M), yaitu sebagai berikut.

Jika kamu belum mengerti apa itu sebuah perusahaan, kamu sebaiknya membaca informasi tersebut di wikipedia

1. Man (Manusia)

Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia pada dasarnya adalah salah satu faktor produksi yang sangat penting selain tanah, modal, dan juga keterampilan. Pandangan yang biasanya menyamakan manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap kurang tepat, dan dilihat dari konsepsi, filsafat, dan juga moral. Oleh karena itu, sumber daya manusia merupakan unsur manajemen yang sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

2. Money (Uang)

Uang merupakan salah satu unsur sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang tidak dapat diabaikan karena sangat penting. Uang merupakan alat tukar dan juga sebagai alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil dari sebuah kegiatan perusahaan juga dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam sebuah perusahaan tersebut. Uang juga merupakan unsur yang sangat penting untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan. Oleh karena itu segala sesuatu yang berkaitan dengan uang dalam sebuah perusahaan harus diperhitungkan secara rasional karena hal ini pasti berhubungan dengan berapa jumlah uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan wajib untuk di beli, serta berapa hasil pendapatan yang akan didapatkan oleh perusahaan.

3. Material (Fisik)

Sebuah perusahaan pada umumnya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan untuk proses produksi, tetapi membeli bahan mentah dari pihak lain. Untuk itu, manajer dalam sebuah perusahaan harus berusaha untuk mendapatkan bahan mentah untuk proses produksi dengan harga yang paling murah, dan menggunakan cara pengangkutan yang murah dan hal ini akan membuat proses pengolahan menjadi lebih efisien.

4. Machine (Teknologi)

Mesin juga memiliki peranan penting dalam proses produksi. Setelah revolusi industri, banyak pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh mesin karena teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat adalah salah satu hal yang menyebabkan penggunaan mesin semakin meningkat. Banyaknya mesin produksi baru yang sudah ditemukan oleh para ahli juga sangat berpengaruh untuk membuat peningkatan produksi barang yang sangat tinggi.

5. Method (Metode)

Metode juga sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja sebuah perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien. Metode kerja juga harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut tentang proses produksi maupun administrasi yang tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama.

6. Market (Pasar)

Jika barang yang diproduksi yang diproduksi oleh sebuah perusahaan tidak laku, proses produksi barang itu pasti akan berhenti. Oleh sebab itu, penguasaan pasar yang dalam artian untuk menyebarkan hasil produksi merupakan salah satu faktor menentukan dalam perusahaan. 

Agar pasar dapat dikuasai oleh sebuah perusahaan, kualitas barang juga harus sesuai dengan selera konsumen dan harga juga harus terjangkau oleh konsumen. Hal ini juga yang paling sulit dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Posting Komentar